UI - Skripsi Membership :: Back

UI - Skripsi Membership :: Back

Identifikasi risiko proses pengeboran pada pekerjaan tunnel dengan metode tunnel boring machine proyek mass rapid transit Jakarta = Risk identification of tunneling work with tunnel boring machine method in mass rapid transit Jakarta project: TBM driving

Intan Kusumawati; Leni Sagita Riantini, supervisor; Ayomi Dita Rarasati, examiner; Rossy Armyn Machfudiyanto, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017)

 Abstract

MRT Jakarta merupakan sebuah sistem transportasi modern yang sedang dibangun di Jakarta. Salah satu konstruksinya yaitu konstruksi bawah tanah menggunakan TBM tipe EPB sebagai metode pengerjaannya. Berdasarkan data histori dari konstruksi tunnel mencatat banyaknya permasalahan bahkan kegagalan dari konstruksi tunnel yang disebabkan oleh berbagai faktor dan dapat berdampak pada keterlambatan proyek. Suatu manajemen risiko diharapkan dapat mengurangi dampak buruk risiko yang dihadapi pada pekerjaan konstruksi. Penelitian berupa studi kasus menggunakan metode kuesioner pada tahap penggumpulan data. Pengolahan data yang dilakukan berupa analisis deskriptif, uji normalitas, uji validitas reliabilitas, uji homogenitas, dan analisis kualitatif risiko.
Risk register merupakan output dari penelitian yang memberikan gambaran tingkat risiko, penyebab risiko, dan respon risiko yang dilakukan oleh kontraktor untuk mengurangi dampak risiko tersebut. Dalam penelitian ini terdapat 7 risiko dominan pada pekerjaan pengeboran tunnel yaitu Kerusakan segmen akibat tekanan mesin tinggi, Kesalahan koordinat posisi awal mesin TBM, Risiko yang terjadi akibat operator mesin tidak bersertifikat, Permukaan tanah menurun saat dilakukan pengeboran, Risiko mesin keluar dari center line , Ketersediaan segmen terlambat, dan Risiko kerusakan lapisan karet penahan tekanan air.

MRT Jakarta is a modern transportasion system being executed in Jakarta. One of its construction is Underground Construction using TBM type of EPB as working methods. Based on historycal data of tunnel construction, there are many failure of tunnel occured by many factors and cause the project to delay. This research is case study using questionary and expert judgement method in phase of collecting data. The data provided is analized with descriptive analysis, normality test, validity and reliability test, homogenity test and qualitative risk analysis. Risk management is expected to decrease the effect of it.
Risk register is an output of this reseacrh determining level of hazard, cause of risk, preventive action, and risk respon by contractor to mitigate the hazard effect. Seven dominant riks as the result of this research are damaged to segment by high pressure of TBM, failure of TBM coordinate positioning, risk by uncertificate operator, Settlement of ground level when drilling, failure of TBM lining, Segments not available in timely manner, and Damage to the rubber coating retaining water pressure.

 Digital Files: 1

Shelf
 S68958-Intan Kusumawati .pdf :: Download

LOGIN required

 Metadata

Collection Type : UI - Skripsi Membership
Call Number : S68958
Main entry-Personal name :
Additional entry-Personal name :
Study Program :
Subject :
Publishing : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
Cataloguing Source LibUI ind rda
Content Type text
Media Type unmediated ; computer
Carrier Type volume ; online resource
Physical Description xvii, 192 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
S68958 14-19-273278727 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 20457020
Cover