UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara distres psikologis dan bersyukur pada mahasiswa di Indonesia = Relationship between psychological distress and gratitude among students in Indonesia

Azka Amalina; Sugiarti, supervisor; Ina Saraswati, examiner; Gagan Hartana Tupah Brama, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

Mahasiswa merupakan kelompok yang dianggap rentan akan distress psikologis. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai faktor protektif dan faktor risiko yang berpengaruh terhadap distres psikologis pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara distres psikologis dan bersyukur pada mahasiswa. Partisipan penelitian ini berjumlah 1945 yang merupakan mahasiswa dari berbagai macam universitas di Indonesia. Alat ukur Hopkins Symptom Checklist 25 digunakan untuk mengukur distres psikologis dan Gratitude Questionnaire 6 digunakan untuk mengukur tingkat bersyukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara distres psikologis dan bersyukur pada mahasiwa di Indonesia.

College students may viewed as population with high vulnerability to psychological distress. Therefore, it was necessary to do a research on protective factors and risk factors that affect psychological distress among college students. The aim of this research was to examine relationship between psychological distress and gratitude among college students. Participants of this research were 1945 college students from various universities in Indonesia. Psychological distress was measured by Hopkins Symptom Checklist 25 and gratitude was measured by Gratitude Questionnaire 6. The result indicated that there was significant negative correlation between psychological distress and gratitude among college students in Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 S67951-Azka Amalina.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S67951
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 63 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S67951 14-19-670484765 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20457136
Cover