UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Keuangan mikro Islam berbasis dana zakat: studi kasus 3 organisasi pengelola zakat di Indonesia = Zakat fund based Islamic microfinance: a case study of three zakat institutions in Indonesia

Anisa Fitria Wulaningtyas; Yusuf Wibisono, supervisor; Fenny Rosmanita, examiner; Mohammad Soleh Nurzaman, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini membahas praktik pada program keuangan mikro Islam yang dilakukan oleh Organisasi Pengelola Zakat di Indonesia dengan menggunakan dana zakat serta amal Islam sebagai sumber pendanaan dan yang menjadi targetnya adalah mustahik. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada Dompet Dhuafa, LAZ Al-Azhar, dan LAZ Inisiatif Zakat Indonesia IZI . Data yang digunakan adalah data primer dari hasil wawancara mendalam yang dilakukan pada orang-orang yang terlibat secara langsung dalam praktik keuangan mikro Islam yang dilakukan oleh OPZ dan data sekunder yang berasal dari literatur-literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bisnis keuangan mikro Islam yang dilakukan antara ketiga OPZ berbeda dengan keuangan mikro Islam yang berorientasi pada komersil, dimana dalam praktiknya tidak hanya diberikan pembiayaan namun pada program keuangan mikro Islam berbasis dana zakat yang dilakukan oleh OPZ terdapat aspek pemberdayaan bagi mustahik, dan terjadi perubahan dampak ekonomi yang signifikan bagi mustahik yang menerima.

ABSTRACT
This research discusses the practice of Islamic microfinance programs conducted by Zakat Management Organizations in Indonesia targeted to mustahiks by using zakat and Islamic charity as sources of fund. It uses a qualitative method with a case study approach on Dompet Dhuafa, LAZ Al Azhar, and LAZ Inisiatif Zakat Indonesia IZI . The data used are primary data from an in depth interview with the people who are directly involved in the practice, and the secondary data from relevant literatures. The result of this study shows that the business model of Islamic microfinance practiced by the three ZMOs is different from the other commercial oriented Islamic microfinance. The ZMOs provide not only the financing but also put forward an empowerment aspect using the zakat fund based Islamic microfinance program, it is also found that there is a significant impact on economic improvement from the mustahiks who received it.

 File Digital: 1

Shelf
 S68552-Anisa fitria wulaningtyas .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S68552
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Bahasa : Ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 122 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S68552 14-19-095806391 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20457907
Cover