UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Rancangan sistem informasi clinical pathway pada pasien anak dengan kasus dengue haemorrahagic fever di RS Annisa Citeureup Bogor = Clinical pathway information system design in pediatric patients with dengue haemorrahagic fever case at RS Annisa Citeureup Bogor

Erfaningsih; Indang Trihandini, supervisor; Artha Prabawa, examiner; Arthur Ferdinand Tjahja, examiner (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

Dalam menjalankan sistem INA-CBG's pihak rumah sakit harus membangun komunikasi yang baik antara tim dokter, petugas koding serta manajemen untuk mengurangi variasi pelayanan dan pilih layanan yang paling cost efective dengan membuat dan menjalankan Clinical Pathway serta mengedepankan kendali mutu dan kendali biaya, untuk menghasilkan pelayanan yang bermutu. Data dari Rumah Sakit Anisa Citeureup Bogor menunjukkan bahwa rata-rata biaya pelayanan kesehatan dengan diagnosa DHF demam berdarah lebih besar dari rata-rata dari paket INA-CBG. Ini bisa menjadi kerugian untuk rumah sakit. Untuk meningkatkan efisiensi dan mutu dalam memberikan pelayanan kesehatan, maka perlu dikembangkan media untuk membantu klinisi dalam memberikan informasi untuk mendukung keputusannya dalam memberikan pelayanan kesehatan dalam bentuk penerapan Clinical Pathway yang terintegrasi dengan rencana pelayanan kesehatan dan berisi semua langkah yang dilakukan oleh pasien dari masuk rumah sakit sampai keluar dari rumah sakit. Berdasarkan informasi tersebut, maka aplikasi dapat menjadi solusi untuk mengakomodasi permasalahan tersebut dan dapat menjadi pembanding antara Clinical Pathway yang akan diterapkan di Rumah Sakit Annisa dengan INA-CBG's yang diterapkan pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan membuat perancangan aplikasi clinical pathway berdasarkan sistem INA-CBG, dengan menggunakan pendekatan sistem pada Rumah Sakit Anisa Citeureup Bogor.

In running the INA CBG system, hospitals should establish good communication between doctors, coding and management staff to reduce service variation and select the most cost effective services by creating and operating the Clinical Pathway and promoting quality control and cost control to produce services Quality. Data from Anisa Citeureup Bogor Hospital showed that the average cost of health services with DHF diagnostics dengue was greater than the average of the INA CBG package. This could be a disadvantage for the hospital. To improve the efficiency and quality in providing health services, it is necessary to develop media to assist clinicians in providing information to support their decision in providing health services in the form of Clinical Pathway application integrated with health service plan and contains all steps taken by the patient from hospital admission Got out of the hospital. Based on the information, the application can be a solution to accommodate the problem and can be a comparison between Clinical Pathway to be applied at Annisa Hospital with INA CBG 39 s applied by the government. The purpose of this research is to analyze and make the application of clinical pathway application based on INA CBG system, using system approach at Anisa Citeureup Bogor Hospital.

 File Digital: 1

Shelf
 S68463-Erfaningsih.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S68463
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 168 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI., Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S68463 14-19-708968101 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20458081
Cover