UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Konstruksi alat ukur psikologi: tes pengetahuan leksikal berdasarkan teori inteligensi cattell-horn-carroll untuk peminatan di SMA = Psychological test construction lexical knowledge test based on cattell horn carroll theory of intelligence for majoring in senior high school

Ariestianto Waskita; Nurul Arbiyah, supervisor; Andi Supandi Suaid Koentary, examiner; Pratiwi Widyasari, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

Perubahan kebijakan pemerintah tentang peminatan di SMA membuat siswa maupun pihak sekolah bingung dalam menyikapinya. Penghapusan hasil tes psikologi sebagai salah satu rekomendasi pemilihan Kelompok Peminatan, membuat tidak adanya standar objektif dan terukur. Teori Cattell-Horn-Carroll CHC, sebagai teori inteligensi paling komprehensif saat ini, dapat menjadi kerangka kerja bagi suatu alat ukur acuan pemilihan Kelompok Peminatan di SMA. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengonstruksi alat ukur pengetahuan leksikal, sebagai salah satu kemampuan spesifik yang menjadi bagian dari Teori CHC, yang dapat diadministrasikan secara kelompok dan berfungsi sebagai acuan rekomendasi Kelompok Peminatan di SMA.
Alat ukur diadministrasikan pada 104 siswa nwanita=70. Awalnya, alat ukur memiliki 40 item, kemudian dikurangi menjadi 20 setelah dilakukan analisis item. Lewat pengujian reliabilitas didapatkan ? =.65. Item-item pada alat ukur memiliki tingkat kesulitan bertingkat dan bervariasi. Item mampu membedakan tingkat pengetahuan antar individu. Item juga memiliki pilihan jawaban yang berfungsi baik dan tersebar merata. Alat ukur memiliki korelasi positif signifikan dengan r = .286 dengan alat ukur subtes 3 dari TIKI-M. Skor alat ukur dinterpretasikan dengan metode scaled score M=10, SD=3.

Changes in goverment policy over majoring in senior high school are confusing for both students and the school. Deletion of psychological testing as one of standard reference for senior high school majoring recommendation, left us with no objective and measured references. Cattell Horn Carroll Theory of Intelligence CHC, as the most comprehensive contemporary theory, can be a suitable framework for a new standard reference for senior high school majoring. This study attempts to construct a lexical knowledge measurement, as a part of narrow abilities within The CHC Theory, which can be administered in group and served as a reference for senior high school majoring.
This measurement was administered to 104 students nfemale 70. Initially, this measurement had a set of 40 items, which divided into synonym and antonym parts, then reduced to 20 items through item analysis. From reliability testing, .65 is obtained. Items in this measurement are consisted of varying degree of difficulties and can discriminate level of lexical knowledge between individuals. Distractors in each item are well performed and spread evenly among false choice. This measurement correlates positively significant with TIKI M's subtest 3 with r .286. Score from this measurement can be interpreted using scaled score M 10, SD 3 method.

 File Digital: 1

Shelf
 S69460-Ariestianto waskita .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S69460
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 73 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S69460 136-19-313734339 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20458089
Cover