UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis pengaruh fun activities dan manager support for fun terhadap informal learning yang dimoderasi oleh core self-evaluations = The effect of fun activities and manager support for fun towards informal learning moderated by core self evaluations

Vincentius Agung Prakoso; Muhammad Irfan Syaebani, supervisor; Elok Savitri Pusparini, examiner; Niken Ardiyanti, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, [Date of publication not identified] )

 Abstrak

Persaingan dalam bisnis yang semakin sengit dan evolusi teknologi yang begitu cepat serta tren konsumen yang berubah terus menerus membuat perusahaan perlu berusaha lebih dalam mencari sumber daya baru untuk menjadi daya saing melawan kompetitor. Sumber daya yang paling penting untuk memiliki daya saing yang berkelanjutan dalam abad 21 ini adalah kemampuan untuk dapat menghasilkan, membagikan, dan mengintegrasikan pengetahuan baru secara terus menerus.
Salah satu proses yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam mengembangkan kemampuan ini adalah dengan mendorong motivasi pegawai untuk melakukan informal learning. Faktor yang mampu mendorong motivasi pegawai adalah dengan menciptakan suasana lingkungan kerja yang menyenangkan fun workplace. Dua dimensi yang mampu mendorong terciptanya lingkungan kerja yang menyenangkan adalah fun activities dan manager support for fun. Kendati demikian, tidak semua pegawai mampu beradaptasi secara positif terhadap suasana lingkungan kerja yang menyenangkan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kepribadian yang dimiliki pegawai, oleh sebab itu perlu adanya perhatian khusus terhadap kepribadian pegawai yang dipetakan menggunakan core self-evaluations.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fun activities dan manager support for fun terhadap informal learning yang dimoderasi oleh core self-evaluations. Sampel penelitian ini adalah pegawai advertising agency dan diolah menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fun activities dan manager support for fun memberikan pengaruh yang positif terhadap informal learning. Selain itu, core self-evaluations tidak memoderasi hubungan fun activities terhadap informal learning dan core self-evaluaions memoderasi secara negatif hubungan manager support for fun terhadap informal learning.

Vicious competition and financial instability combined with rapid technological evolution and ceaselessly diversifying consumer trends are increasingly intensifying the need for contemporary organizations to continuously seek new sources of competitive advantage in their volatile operating environment. The fundamental source of sustainable competitiveness for the company of the 21st century, is its ability to constantly generate, diffuse and integrate new knowledge.
One of the process that can be done by companies is to increase employee's motivation towards informal learning. This motivation can be delivered by the presence of fun in the workplace which has two dimensions fun activites and manager support for fun. Unfortunately, not every employee can adopt with fun workplace. Different personalities may act differently towards fun workplace, therefore we also have to focus on personality trait based on core self evaluations.
This study aimed to analyze the effect of fun activities and manager support for fun towards informal learning moderated by core self evaluations. The sample of this study are employees from advertising agency which included in Advertising Agency of the Year by Citra Pariwara 2016 and analyzed using Statistical Package for the Social Science SPSS.
The result of this study found fun activities and manager support for fun has positive effect towards informal learning. Furthermore, core self evaluations does not moderated the relationship of fun activities towards informal learning and core self evaluations moderate negatively the relationship of manager support for fun towards informal learning.

 File Digital: 1

Shelf
 S69193-Vincentius agung prakoso .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S69193
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, [Date of publication not identified]
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 78 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S69193 14-19-855780137 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20458622
Cover