UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Integrasi perusahaan ekstraktif dan komunitas lokal serta dinamika faktor-faktor yang mempengaruhinya: studi kasus China Nation Offshore Oil Corporation SES LTD Kepulauan Seribu= Integration of mining companies and local communities with the dynamics of influencing Ffctors: case study China Nation Offshore Oil Corporation

Ilham Nizam; Yosef Hilarius Timu Pera, supervisor; Shanty Novriaty, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Relasi sosial yang berbentuk integrasi dengan komunitas lokal merupakan solusi terkait maraknya konflik sosial yang terjadi dari implikasi kegiatan operasi perusahaan ekstraktif. Desentralisasi di Indonesia telah menguatkan sense of localism komunitas lokal atas sumber daya alam bermanfaat di lingkungannya. Beberapa studi sebelumnya menekankan bila praktik tanggung jawab sosial perusahaan dapat membangun integrasi yang kuat melalui pemenuhan harapan sosial. Penelitian ini dilakukan untuk melihat relasi sosial perusahaan CNOOC SES Ltd dengan Komunitas Lokal, juga turut menjelaskan proses sejumlah faktor yang berperan dalam membangun relasi sosial perusahaan dengan komunitas lokal selain dari praktik tanggung jawab sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data proses wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa integrasi yang lemah terjalin yang terlihat dari permasalahan rekognisi masyarakat, kerjasama, partisipasi program, dan maraknya keluhan masyarakat. Integrasi tersebut dibentuk oleh dinamika beberapa faktor seperti performa tanggung jawab sosial yang tidak maksimal, prosedur yang tidak menerapkan keadilan, dan aktor serta organisasi sosial lokal sentral yang tidak mampu memanfaatkan peilibatannya. Relasi sosial yang berbentuk integrasi dengan komunitas lokal merupakan solusi terkait maraknya konflik sosial yang terjadi dari implikasi kegiatan operasi perusahaan ekstraktif. Desentralisasi di Indonesia telah menguatkan sense of localism komunitas lokal atas sumber daya alam bermanfaat di lingkungannya. Beberapa studi sebelumnya menekankan bila praktik tanggung jawab sosial perusahaan dapat membangun integrasi yang kuat melalui pemenuhan harapan sosial. Penelitian ini dilakukan untuk melihat relasi sosial perusahaan CNOOC SES Ltd dengan Komunitas Lokal, juga turut menjelaskan proses sejumlah faktor yang berperan dalam membangun relasi sosial perusahaan dengan komunitas lokal selain dari praktik tanggung jawab sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data proses wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa integrasi yang lemah terjalin yang terlihat dari permasalahan rekognisi masyarakat, kerjasama, partisipasi program, dan maraknya keluhan masyarakat. Integrasi tersebut dibentuk oleh dinamika beberapa faktor seperti performa tanggung jawab sosial yang tidak maksimal, prosedur yang tidak menerapkan keadilan, dan aktor serta organisasi sosial lokal sentral yang tidak mampu memanfaatkan peilibatannya.

ABSTRACT
Social relation in the form of integration with local communities is a solution related to widespread social conflict that occurs from the implication of mining companies operation activities. Decentralization in Indonesia has strengthened the sense of localism of local communities over beneficial natural resource environment. Several previous studies have emphasized that corporate social responsibility practices can built strong integration through fulfillment of social expectation. The aim of this studies is to see the social relation of CNOOC SES Ltd company with the local communities, and also explain the process of a few factors that play role in building company social relation with local community apart from practice of social responsibility. The method used in this research is a qualitative with data collection technique process of in depth interview and observation. The result of this studies reveal that this integration runs weakly, it is seen from the problems of society recognition, cooperation, program participation, and the widespread public grievance. This integration is shaped by the dynamics of several factors such as inadequate social responsibility performance, not applying procedural fairness, and vested and non vested group that unable to utilize their involvement.

 File Digital: 1

Shelf
 S-pdf-Ilham Nizam.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 154 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-19-593104802 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20459099
Cover