Skripsi ini membahas mengenai strategi promosi yang dilakukan oleh Perpumda Provinsi DKI Jakarta Bagi Siswa SMA Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kegiatan strategi promosi yang dilakukan oleh Perpumda Provinsi DKI Jakarta, mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi dalam strategi promosi, dan menjelaskan cara menyikapi faktor yang mempengaruhi dari strategi promosi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen.
Hasil menunjukan bahwa strategi promosi promosi Perpumda Provinsi DKI Jakarta terdiri atas tiga konsep, yaitu perencanaan, implementasi dan evaluasi. Metode promosi yang digunakan adalah periklanan, penjualan perseorangan, publisitas, dan promosi penjualan. Selain itu, faktor yang mempengaruhi srategi promosi adalah Dana, SDM, dan Penyegmentasian pasar. Menyikapi pengaruh dari strategi promosi, pihak Perpumda Provinsi DKI Jakarta melakukan pengajuan anggaran dana proposal untuk kegiatan promosi senilai Rp2.000.000.000 kepada Gubernur DKI Jakarta dan menekankan kerjasama ke berbagai stakeholder.
This research is about a promotion strategy undertaken by the DKI Jakarta Public Library For Senior High School of Jakarta. The purpose of this research is to describe the promotional strategy activities by the DKI Jakarta Public Library, identify the factors that influence the promotion strategy and explain how to respond to the influencing factors of the promotion strategy. The approach used in this research is a qualitative approach with case study method. Data collection is done through interview, observation, and document study. The result shows that promotion strategy of DKI Jakarta Public Library promotion consists of three concepts namely, planning, implementation and evaluation. The promotional methods used are advertising, individual sales, publicity, and sales promotion. In addition, the factors that influence the promotion strategy are Funds, Human Resources, and Market Segmentation. Responding to the influence of the promotion strategy, the Provincial Government of DKI Jakarta submitted proposal budget for promotion activities worth Rp2.000.000.000 to the Governor of DKI Jakarta and emphasized the cooperation to various stakeholders.