UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Analisis pengaruh tayangan my trip my adventure terhadap minat traveling khalayak = Analysis of my trip my adventure influence towards audience traveling interest

Navila Arjinia Aulia Sonata; Asty Rastiya, supervisor ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Televisi sebagai media komunikasi massa berorientasi pada tujuan komunikasi pada umumnya, yaitu untuk merubah sikap, pandangan, dan perilaku khalayaknya. Pesan yang disampaikan melalui tayangan-tayangan televisi merupakan stimulus, yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi manusia sebagai organism untuk merubah sikap dan perilakunya sebagai response yang timbul setelah terjadinya proses komunikasi. My Trip My Adventure adalah sebuah tayangan televisi yang dapat menjadi bukti atas kuatnya pengaruh sebuah media, bahkan dapat menyebabkan terjadinya fenomena traveling yang semakin marak belakangan ini. Peristiwa ini sesuai dengan teori Stimulus Organism Response S-O-R yang membahas tentang bagaimana terjadinya proses komunikasi hingga dapat menimbulkan reaksi tertentu, dan studi fenomenologi yang menjelaskan bahwa tindakan manusia adalah bagian dari posisinya di masyarakat, sehingga tindakan tersebut bisa jadi hanyalah peniruan dari tindakan orang lain yang didukung dengan adanya informasi yang kuat untuk membuat seseorang bersedia untuk merubah perilakunya. Setelah dilakukan analisis dengan menggunakan kedua teori tersebut serta meninjau dua buah karya ilmiah sebelumnya yang membahas tentang topik yang sama, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tayangan My Trip My Adventure dapat mempengaruhi minat khalayak untuk melakukan kegiatan traveling.
Television as a medium of mass communication is oriented towards the purpose of communication in general, that is to change attitudes, views, and behavior of the audience. Messages delivered through television broadcasts are stimulus, which directly or indirectly can affect human beings as organisms to change their attitudes and behavior as a response after the communication process. My Trip My Adventure is a television show that can be strong evidence of the power of media influence, even it can be a cause of this traveling phenomenon lately. This event is in accordance with Stimulus Organism Response SOR theory which discusses how is the process of communication so it can causing certain reactions, and also phenomenology study which explains that human action is part of its position in society, so that action could be just an imitation from the others and supported by the power of media information so it will be easier for someone to change his behavior. After analyzing the topic using both theories and reviewing the previous two scientific works on the same topic, the results of this study show that My Trip My Adventure can affect the interest of audiences to do the traveling.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Navila Arjinia Aulia Sonata.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 24 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-17-639715576 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20460249
Cover