UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Analisis metafora dalam lirik lagu melted karya Akdong Musician = Metaphor analysis in the song melted by Akdong Musician

Cintya Arsya Pradipta; Putu Pramania Adnyana, supervisor ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Jurnal ini membahas mengenai metafora yang terdapat dalam lagu berjudul Melted karya Akdong Musician yang dirilis pada tahun 2012. Lagu ini mengeskpresikan dinginnya kehidupan orang dewasa yang dikemas ke dalam secara tersirat melalui lirik yang puitis dan sarat akan makna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk metafora yang ditampilkan dalam lagu Melted dan makna apa yang ingin disampaikan penulis lagu melalui metafora tersebut berdasarkan teori semantik metafora. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Setelah membaca lirik lagu dengan seksama, penulis mengidentifikasi dan menganalisis bentuk metafora yang ada di dalam lirik lagu Melted. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa lirik lagu Melted mengandung metafora struktural, metafora orientasional dan metafora ontologis. Selain itu, jenis metafora struktural adalah jenis yang paling dominan digunakan dalam lirik lagu ini.

ABSTRACT
This journal discussed about the metaphor that was included in the song called Melted, sung by Akdong Musician that was released in 2012. This song expressed the coldness existed in adult life, implied in a very poetic and meaningful lyrics. The purpose of this study is to acknowledge the forms of metaphors shown in the song and the message that was trying to be implied by the song writer based on the metaphorical semantic theory. In conducting this research, the writer used the descriptive qualitative method. After reading the lyrics very closely, the writer identified and analyzed the forms of metaphors included in the lyrics. Based on the result, it is concluded that lyrics in Melted song included the form on structural metaphor, orientational metaphor, and ontologist metaphor. Furthermore, the structural metaphor is the most dominant metaphor used in the lyrics.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Cintya Arsya Pradipta.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : 19 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-17-477917862 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20460441
Cover