UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Penggunaan kesenian Bonang dalam penyebaran Islam di Tuban oleh Raden Makdum Ibrahim pada tahun 1481-1525 m = The use of Bonang arts in the spread of Islam in Tuban by Raden Makdum Ibrahim in 1481-1525 ad

Syarifah Fauziah; Juhdi Syarif, supervisor ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Jurnal ini mengkaji tentang penggunan kesenian bonang dalam penyebaran Islam di Tuban oleh Raden Makdum Ibrahim pada tahun 1481- 1525 M. Kesenian alat musik Bonang yaitu sejenis gending yang terbuat dari besi atau kuningan yang bagian tengahnya ditonjolkan ke atas dan bila tonjolan tersebut ditabuh dengan kayu yang dibalut dengan karet atau kain maka akan menimbulkan suara yang merdu. Alat musik tersebut dipakai oleh Raden Makdum Ibrahim untuk berdakwah menyebarkan Islam khususnya di Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Raden Makdum Ibrahim berdakwah menyebarkan Islam menggunakan kesenian rakyat berupa bonang, dan apa yang membuat penduduk tersebut tertarik untuk memeluk Islam. Metode yang digunakan adalah metode heuristik dengan cara studi pustaka dan sumber-sumber yang berasal dari buku-buku teks yang merupakan hasil dari catatan serta pendapat para ahli. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Raden Makdum Ibrahim terlebih dahulu mencari tahu bagaimana situasi dan kesenangan masyarakat sekitar sebelum melakukan dakwah, dan kesenian bonang merupakan alat musik kesenian rakyat yang dilantunkan dengan tembang-tembang lagu yang berisikan kegamaan dan digunakan untuk melakukan penyebaran Islam oleh Raden Makdum Ibrahim. Sehingga dapat disenangi oleh masyarakat dan menjadi daya tarik masayarakat untuk memeluk agama Islam.

ABSTRACT
This journal examines the use of bonang art in the spread of Islam in Tuban by Raden Makdum Ibrahim in 1481 1525 AD. Art Bonang musical instrument is a kind of gending made of iron or brass that the center is highlighted to the top and when the bulge is plastered with wood wrapped with rubber or cloth it will create a melodious voice. Musical instrument is used by Raden Makdum Ibrahim to preach propagate Islam, especially in Tuban. This study aims to find out how Raden Makdum Ibrahim preaches to spread Islam using folk art in the form of bonang, and what makes the people interested to embrace Islam. The method used is a heuristic method by way of historiography with sources derived from textbooks and is the result of the notes and opinions of experts. The conclusion of this research that Raden Makdum Ibrahim first find out how the situation and the pleasure of the surrounding community before doing da 39 wah, and art bonang is a musical instrument of folk art that is sung with songs that contain songs of unity and used to spread the Islam by Raden Makdum Ibrahim . So that can be favored by the community and become the main attraction of people to embrace Islam.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Syarifah Fauziah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : 16 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-17-889329664 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20460442
Cover