UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisa perencanaan dan perhitungan premi produk ansuransi jiwa syariah serta alokasi dana investasinya berdasarkan perspektif perekonomian islam

Fiti Syam; Bambang Hermanto, supervisor ([Publisher not identified] , 2002)

 Abstrak

ABSTRAK
FITI SYAM, Analisa Perencanaan Dan Perhitungan Premi Produk Asurimsi Jiwa Syariah Serta Alokasi Dana Investasinya Berdasarkan Perspektif Perekonomian Islam. (di bawah bimbingan DR Bambang Hermanto).
Pada karya akhir ini dibahas mengenai asuransi konvensional yang sudah berkembang ini, tidak sesuai dengan hukum-hukum Islam karena mengandung gharar, maysir dan riba serta, seperti pada umumnya ekonomi yang berlandaskan kapitalis yang berorientasi kepada sebuah kepentingan pihak tertentu tanpa melihat kepentingan pihak lain, cendrung untuk mengeksploitasi sesuatu yang hanya menguntungkan segelintir manusia.
Asuransi merupakan ruang lingkup muamalah yang juga diatur dalam Syariah Islam dimana mengatur bidang perekonomian umat yang tidak terpisahkan dari aspek-aspek lain dari keseluruhan ajaran Islam dengan menggunakan prinsip, prosedur, asumsi sekaligus instrumentasi dan aplikasi dari AI Qur'an dan As Sunnah karena ternyata secara konsep, Islam menawarkan nuansa yang menyejukkan dan menjanjikan kesejahteraan untuk semua masyarakat, tanpa menghilangkan hak prerogatif individu untuk mencapai kesejateraannya secara pribadi.
Asuransi syariah yang berlandaskan pada prinsip saling menguntungkan dan bekerja sama mengandung elemen pembagian tanggung jawab, kerjasama ganti rugi, persamaan kepentingan, solidaritas, dan lain-lain menjadi sebuah alternatif solusi dari asuransi konvensional.
Pada asuransi konvensional terjadi pemindahan risiko (transfer of risk) antara peserta asuransi ke perusahaan asuransi dengan membayar premi dan perusahaan berkewajiban untuk memberikan uang asuransi atau uang pertanggungan kepada peserta apabila terjadi peristiwa risiko yang diasuransikan. Sedangkan pada asuransi syariah terjadi pengumpulan risiko (pooling of risk) sesama peserta asuransi, disini peran perusahaan asuransi sebagai pengelola kumpulan risiko tersebut. Dari perbedaan kedua prinsip inilah terjadi perbedaan juga dalam perencanaan, perhitungan premi dan alokasi dana untuk investasinya dimana keduanya akan dibahas dan dianalisa pada karya akhir ini.

 File Digital: 1

Shelf
 T7953-Fiti Syam.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2002
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 85 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-971929994 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20460931
Cover