UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Desain produk asuransi kerugian (kecelakaan diri) jangka panjang dengan nilai investasi

Luly Budian; Iwan Pasila, supervisor ([Publisher not identified] , 2003)

 Abstrak

ABSTRAK
Pertumbuhan usaha asuransi dan meningkatnya kualitas pennintaan asuransi saat ini dari masyarakat menutut setiap perusahaan asuransi untuk dapat melakukan strategi-strategi usaha untuk mempertahankan atau berusaha meningkatkan kemampuannya. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan produk asuransi kerugian yang selama ini bersifat jangka pendek dan memberikan penggantian total ataupun sebagian kerugian yang timbul jika suatu peistiwa terjadi pada obyek yang diasuransikan, sedangkan premi yang dibayarkan tidak akan dikembalikan bila tidak terjadi kerugian selama masa pertanggungan.
Beberapa negara maju seperti Jepang telah mengembangkan produk asuransi kerugian jangka panjang bernilai investasi. :Karakteristik dari asuransi kerugian jangka panjang dengan nilai investasi ini adalah memberikan manfaat berupa nilai tunai pada akhir periode pertanggungan selain jaminan seperti yang diberikan pada asuransi kerugian konvensional pada umumnya.
Pada karya akhir ini penulis mencoba mengembangkan suatu produk asuranst kecelakaan diri dengan nilai investasi dengan manfaat berupa penggantian jika terjadi kerugian pada masa pertanggungan. Karakteristik jenis asuransi ini memiliki loss ratio yang dapat di prediksi dan pemilihan produk kecelakaan diri ini didasarkan pada proses underwriting yang lebih mudah dibandingkan jenis asuransi kerugian lainnya. Produk yang dirancang dengan menggunakan teknik aktuaria ini diimplementasikan pada portofolio asuransi kecelakaan diri perusahaan asuransi PT. Asuransi ABC .
Berdasarkan basil simulasi yang dilakukan diketahui bahwa asumsi investment return 10% pertahun dan tingkat bunga aktuaria 7% merupakan asumsi yang cukup wajar digunakan dan dapat memberikan manfaat lebih kepada pemegang polis disbanding produk asuransi kerugian konvensional. Selain itu premi yang dikenakan kepada pemegang polis akan semakin rendah dengan semakin panjangnya periode pertangungan.
Pelaksanaan produk seperti ini harus didukung oleh pemerintah yang menjadi dasar pelaksanaan usaha asuransi kerugian, mengingat peraturan pemerintah yang berlaku saat ini hanya membatasi pemasaran produk asuransi kerugian yang memberikan manfaat berupa penggantian dan tidak memungkin pemberian manfaat investasi.

 File Digital: 1

Shelf
 T11743-Luly Budian.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 60 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-078996907 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20461356
Cover