Buku Teks :: Kembali

Buku Teks :: Kembali

Konservasi sumber daya alam : perspektif Islam dan sains

Ulfah Utami (UIN-Malang Press, 2014)
 Abstrak
Buku ini cukup menarik perhatianku, karena aku seorang pencinta alam. Sekilas buku ini terkesan berat materinya ketika aku menggenggamnya. Halaman demi halaman kubuka dari belakang ke depan.
Topik-topik yang disajikan cukup menarik karena sesuai dengan apa yang terjadi di Indonesia. Mulai dari soal kerusakan sumber daya alam di darat, laut hingga udara, ibu Ulfah Utami membahasnya dari sudut pandang ilmiah dan islam.
Memang apa yang dikemukakan seperti penebangan hutan yang berlangsung antara 2000-2005 adalah yang tercepat yaitu sebesar 1,871 juta hektar atau 2% setahun. Ini setara dengan 51 km2 per hari. Angka yang sangat fantastis tentunya.
Aku terkesan dengan kedalaman berpikir ibu Utami ini. Ia mampu menyajikan materi konservasi sumber daya alam dengan bahasa yang mudah dicerna sehingga tidak membuat kepalaku pusing.
Sebagai pencinta laut, walau bukan seorang pelaut, aku semakin dicerahkan oleh cara bu Utami memaparkan seberapa jauh intervensi manusia telah merusak ekosistem terumbu karang mulai dari tingkat global hingga ke dalam wilayah Indonesia sendiri.
Beliau tidak hanya memaparkan masalah melainkan juga memberikan solusi. Sebenarnya masyarakat tradisional Indonesia telah mengenal sistem pemanfaatan sumber daya alam secara ramah lingkungan. Contohnya, pertanian di lereng-lereng gunung menerapkan petakan persawahan bergaya terasering dan rorak untuk menghindari terjadinya tanah longsor. Memang nenek moyang kita, bukan hanya orang pelaut tetapi juga, petani yang ulung.
 Metadata
No. Panggil : 346.044 ULF k
Pengarang :
Subjek :
Penerbitan : Malang: UIN-Malang Press, 2014
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
ISBN 9789792430240
Tipe Konten text
Tipe Media unmedited
Tipe Carrier volume
Edisi
Deskripsi Fisik xi, 264 pages : illustration ; 21 cm
Catatan Bibliografi pages 261-264
Catatan Seri
Catatan Umum
Catatan Versi Asli
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 2.
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
346.044 ULF k 01-17-05663 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20463119