ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui dimensi nilai-nilai dasar manusia yang
paling signifikan mempengaruhi intensitas mencari kerja pada pencari kerja
Generasi Y. Penelitian ini menggunakan alat ukur Portrait Values Questionaire
(PVQ-RR) (Schwartz dkk, 2012) dan alat ukur Job Search Behavior Scale (Blau,
1994) yang telah diadaptasi ke Bahasa Indonesia. Responden berjumlah 254 orang
yang merupakan pencari kerja Generasi Y (berumur 17-36 tahun) dan sedang
mencari pekerjaan dalam empat bulan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa dimensi self-enhancement dan openness to change pada nilai-nilai dasar
manusia memiliki pengaruh positif terhadap intensitas mencari kerja pada pencari
kerja Generasi Y
ABSTRACTThis research was conducted to find out which dimension of basic human values
have the most significant influence on the job search intensity among job seekers
on Generation Y. This research used an Indonesian adaptation of the Portrait
Values Questionaire (PVQ-RR) (Schwartz et al., 2012) and Job Search Behavior
Scale (Blau, 1994). The participants of this research are 254 Generation Y job
seekers (aged 17-36) that have been looking for a job in the past 4 months. The
results show that self- enhancement and openness to change are the basic human
values dimension that has the most significant influence on the job search
intensity among job seekers on Y Generation;