UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Bergulat dengan keadaan: coping mechanism remaja perempuan yang hamil di luar nikah = Fight against the circumstances: coping mechanism of young women who have premarital pregnancy

Shinta Eldiana Nabilla; Irwan Martua Hidayana, supervisor; Dian Sulistyowati Syamsir, supervisor; Iman Fachruliansyah, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai upaya yang dilakukan oleh remaja perempuan yang hamil di luar nikah. Remaja perempuan yang mengalami kehamilan di luar nikah kerap dihadapkan pada permasalahan dan tekanan hidup termasuk citra negatif yang melekat pada diri mereka. Kondisi ini kemudian mengarahkan mereka untuk melakukan upaya melalui strategi koping agar bisa mengatasi permasalahan dan tekanan yang menghampiri mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu melalui observasi dan wawancara mendalam terhadap tiga remaja perempuan yang mengalami kehamilan di luar nikah. Hasil penelitian ini menunjukkan keberagaman bentuk strategi koping yang dilakukan oleh tiga remaja perempuan. Terdapat persamaan dan perbedaan dari strategi coping yang mereka pilih untuk mengatasi permasalahan dan tekanan yang menghampiri. Beberapa diantaranya adalah dengan memberitahu pasangan dan kedua orang tuanya terkait kehamilan, memutuskan melanjutkan kehamilan, menikah, mendekatkan diri kepada Tuhan, tetap bergaul dengan teman-teman, berbaur dengan tetangga, tetapi ada pula yang merahasiakan kehamilan, mengasingkan diri, dan menerimanya sebagai takdir. Keberagaman strategi coping ini dipengaruhi oleh konteks sosio-kultural yang dimiliki oleh ketiga informan.

ABSTRACT
This thesis discusses about the adolescent girl s effort in premarital pregnancy. The pregnant adolescents usually have problems and pressures include bad images on their society. On this situation, they triggered to solve the problem by coping strategy. The study use qualitative methodology with several instrument such as, observation and in depth interview of three pregnant adolescents. The result of the study showed that there were diversities of coping strategy. There were similarities and differences on their coping strategy in order to solve their problems and pressures. For instance, they choose to tell their boyfriend and parents about the pregnancy, to take good care the pregnancy, to get married, to get more closer with god, to get along with friends and neighbors, but there were teenagers that choose to keep it secret, to isolate their self, and accept it by their self. This diversity of coping strategies founded in these three adolescents and effected by sociocultural context.

 File Digital: 1

Shelf
 Shinta Eldiana Nabilla.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer (rdadontent)
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 107 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-448875224 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20465952
Cover