ABSTRAKLatar Belakang: Angka Kematian Ibu AKI di Indonesia tergolong masih tinggi. Salah satu penyebabnya adalah komplikasi dalam kehamilan dan persalinan. Banyak komplikasi yang disebabkan karena masih banyaknya ibu hamil yang jarang atau tidak teratu dalam pemeriksaan kehamilan, sehingga ibu hamil kurang mengerti tanda-tanda bahaya dalam kehamilan dan persalinan. Tujuan: Penelitian ini dibuat untuk menilai ada tidaknya pengaruh edukasi prenatal terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku ibu hamil. Metode: Penelitian akan dilakukan menggunakan model penelitian eksperimental. Data didapatkan dari responden penelitian melalui kuesioner, yang akan membandingkan kelompok kontrol dan kelompok perlakuan yang diberikan edukasi. Hasil: Setelah dianalisis menggunakan uji McNemar, didapatkan p=0.041 untuk pengaruh pengetahuan, p=0.048 untuk pengaruh sikap, serta p=0.115 untuk pengaruh perilaku. Diskusi: Bahwa ditemukan peningkatan sikap dan pengetahuan yang bermakna antara kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan setelah diberi intervensi, dimana pengetahuan dan sikap semakin baik setelah edukasi. Sedangkan, untuk perilaku, tidak terdapat hubungan yang bermakna.
ABSTRACTBackground The immense number of mortality rate of mothers is still a heavy ongoing issue in Indonesia. One of the main reason of this situation is the complications during the pregnancy and labour. These complications can happen because of the lack of knowledge in the mothers regarding the signs of danger in the pregnancy and labour. Objective This research aim to evaluate the impact of prenatal education in knowledge, acts, and behaviour of mother during pregnancy. Methods This research was done using experimental research model. The researcher got the data by using questionnaire, which compare the control group and experimental group that has been given education. Results The researcher use McNemar test to evaluate the results. The results shows the p value of 0.041 for the impact of knowledge, p value of 0.048 for the changes in attitude, and finally p value of 0.115 for behavioural changes. Discussion The value shows that here are significant changes in the experimental group after given intervention regarding the changes of attitude and knowledge in comparison to the control group, where it was shown that a positive changes occurs in the experimental group. On the other hand, there is no significant differences for the experimental group regarding behavioural changes in comparison to the control group.