ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengembangan keterampilan kepemimpinan mahasiswa S1 akuntansi melalui kegiatan yang ada di lingkungan fakultas, khususnya interaksi di kelas dengan dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan mencari tahu apakah diperlukan pengembangan capaian pembelajaran terkait dengan keterampilan kepemimpinan. Penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas belum sepenuhnya dapat membantu pengembangan kepemimpinan siswa, maka perlu ditingkatkan peran dosen dalam pengembangan keterampilan kepemimpinan siswa di kelas. Semua pemangku kepentingan program studi akuntansi memiliki persepsi yang sama bahwa pengembangan kepemimpinan dibutuhkan bagi mahasiswa sarjana akuntansi. Sehubungan dengan penerapan KKNI dan IES, modifikasi capaian pembelajaran learning outcomes diperlukan untuk memastikan bahwa keterampilan yang dibutuhkan lulusan akuntansi dapat terpenuhi dalam proses belajar mengajar di kelas termasuk keterampilan kepemimpinan.
ABSTRACTThis research aims to know how far the leadership skills development of undergraduate accounting student through the activities that exist in the faculty environment, especially the interaction in the class with the lecturers in Faculty of Economics and Business Universitas Indonesia and find out whether the necessary development of learning achievement related to leadership skills. Research shows that learning process in the class has not fully been able to help the development of student leadership , it is necessary to improve the role of lecturers in the development of student leadership skills in the classroom. All stakeholder of accounting study program have a same perception that leadership development is needed for accounting undergraduate student. In relation to the application of KKNI and IES, modification of learning achievements is required to ensure that the skills required to have by accounting graduate can be met in the process of teaching and learning in the classroom including leadership skill.