ABSTRAK<>br>
Skripsi ini membahas mengenai ragam bahasa dalam iklan layanan masyarakat Korea. Penelitian dilakukan dengan metode tinjauan pustaka dan menggunakan pendekatan kualitatif. Dari hasil tinjauan ditemukan ragam bahasa Korea bentuk honorifik yang digunakan dalam iklan layanan masyarakat Korea bervariasi. Ragaman bahasa honorifik yang digunakan berkaitan dengan faktor penentu keberagaman bahasa yang ditinjau dari komponen tutur SPEAKING Dell Hymes. Ragam formal ditandai dengan akhiran ndash;?/??? [-bi?b/s?mnida], polite ditandai dengan akhiran ndash;?/?? [-a/?yo], semiformal ditandai dengan akhiran ndash;?? [io], familiar ditandai dengan akhiran ndash;? [-ge] atau ndash;? [-ne], banmal ditandai dengan akhiran ndash;?/?/?? [-a/?/y?yo], dan plain ditandai dengan akhiran ndash; ? ?/?? [-?n/n?nga] di akhir kalimat.
ABSTRACT<>br>
The focus of this study is to discusse the languages diversity in Korea public service advertising. The study is using literature review method and using qualitative approach. In conclusion, it found that the diversity of Korean honorifics are used in Korea public service advertising form is varied. Korean honorifics diversity used related to determinants of language diversity in terms of Dell Hymes rsquo s speech components, SPEAKING. Formal style marked with the bi b s mnida , polite marked with a yo , semiformal marked with io , familiar marked with ge or ne , banmal marked with a y yo , and plain marked with n n nga at the end of the sentence.