ABSTRAKDiabetes melitus merupakan penyakit gangguan metabolik akibat kurangnya produksi dan penggunaan insulin oleh tubuh, sehingga menyebabkan hiperglikemia kronik. Salah satu terapi yang sudah terbukti untuk mengontrol gula darah adalah Insulin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik perawat, pengetahuan, dan sikap dengan perilaku perawat dalam pemberian insulin pada pasien diabetes melitus. Metode penelitian menggunakan rancangan Cross-sectional yang melibatkan 103 perawat di ruang bedah dan interna. Hasil penelitian diperoleh terdapat hubungan yang signifikan pada pelatihan p = 0,029 . Umumnya sekitar 67 responden memiliki pengetahuan cukup, 50 responden memiliki sikap positif, 61,2 responden berperilaku memuaskan dalam pemberian terapi insulin. Pelatihan yang diperoleh perawat berdampak positif dan meningkatkan profesionalitas dalam bekerja. Dibutuhkan pelatihan manajemen diabetes melitus dan pengelolaan insulin secara berkala untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku yang memuaskan.
ABSTRACTAbstractDiabetes mellitus is a metabolic disorder disease caused by ineffective production of insulin and its used by the body that causing chronic hyperglycemia. Blood sugar is controlled by insulin. One of the therapies in control blood sugar is insulin. The aim of this study was to find out the correlation among characteristics, knowledge, and attitudes to nurses behaviors in handling and administering of insulin therapy for diabetic mellitus patients in non critical situation. A Cross sectional design study involving 103 nurses in the surgery and internal room applied to this study. The results showed that, there was a significant correlation in training p 0,029 . A majority of respondents have 67 moderat knowledge, 50 of respondents have positif attitude, and 61,2 of respondents have satisfactory behaviour. The training followed by the nurses has a positive impacts and improve the professionalism in working. Therefore, a training of handling and administering insulin are required to improve knowledge and satisfactory behaviour.