UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan antara keterpaparan iklan makanan dan pemilihan makanan di rumah oleh pengasuh untuk anak pra sekolah di Jakarta = The association between food marketing exposure and caregiver s food selection at home for pre school children in Jakarta

Maria Meilan Yuliani Fernandez; Saptawati Bardosono, supervisor; Judhiastuty Februhartanty, supervisor; Hera Nurlita, examiner; Herqutanto, examiner; Luh Ade Wiradnyani, supervisor (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Indonesia sebagai salah satu negara berkembang menghadapi isu yang sama di kalangan anak pra-sekolah, yaitu terdapat peningkatan prevalensi obesitas yang memiliki kaitan dengan iklan makanan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan antara keterpaparan iklan makanan dan pemilihan makanan di rumah untuk anak di Jakarta Pusat. Studi potong lintang dan melibatkan 240 pengasuh dilakukan di pusat pendidikan anak usia dini PAUD . Kuisioner terstruktur dan food frequency questionnaire FFQ digunakan untuk menilai keterpaparan iklan makanan dan konsumsi makanan yang dilakukan oleh enumerator yang telah dilatih. Binary logistic digunakan dengan tingkat kepercayaan 0.05. Sekitar 80 dari responden adalah ibu, kurang dari 15 memiliki pendidikan tinggi, 82 dari mereka tidak bekerja dan 42 tinggal dalam keluarga besar. Kurang dari 80 responden pernah terpapar iklan makanan dari media. Makanan yang paling banyak dipilih adalah produk susu 85 dan diikuti oleh sereal 75.8 serta gula dan konfeksioneri 60 dalam sebulan terakhir. Terdapat hubungan yang bermakna antara keterpaparan iklan makanan dengan pemilihan produk gula konfeksioneri p

ABSTRACT
Indonesia as one of developing country faces the same issue of obesity among pre school children. There was increasing of obesity prevalence, which the food marketing has the role in it. The study aims to assess the association between food marketing exposure and home food selection for children in Central Jakarta. Cross sectional study with 240 caregivers rsquo was carried out through early childhood education centers in Central Jakarta. Structured questionnaire and food frequency questionnaire FFQ was used to assess food marketing exposure and dietary consumption by trained enumerator. Binary logistic was used with significant level 0.05. Approximately 80 of the respondents were mothers, less than 15 had high education, 82 were non working and 42 lived in extended family. Less than 80 of the respondents ever exposed to the media food marketing. The most selected food was milk products 85 and followed by cereal 75.8 and sugar confectionery 60 on monthly basis. There was significant association between food marketing exposure and the selection of sugar confectionery products p

 File Digital: 1

Shelf
 T-Maria Meylan Yuliany Fernandez.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T58962
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 68 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T58962 15-18-380569583 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20467640
Cover