ABSTRAKTesis ini membahas tentang transformasi Pusat Layanan Pustaka Universitas Terbuka Puslata UT yang telah diapropriasi oleh mahasiwa program magister dan sejauh mana kebutuhan informasi mahasiswa program magister telah terpenuhi oleh Perpustakaan Digital UT. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi Puslata UT belum sepenuhnya diapropriasi oleh mahasiswa program magister dan kebutuhan informasi belum dapat terpenuhi. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kuantitas, kualitas, dan kemudahan akses sumber informasi, sosialisasi sumber informasi yang tersedia di Perpustakaan Digital UT, dan peran aktif pustakawan dalam memberikan layanan informasi.Tesis ini membahas tentang transformasi Pusat Layanan Pustaka Universitas Terbuka Puslata UT yang telah diapropriasi oleh mahasiwa program magister dan sejauh mana kebutuhan informasi mahasiswa program magister telah terpenuhi oleh Perpustakaan Digital UT. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi Puslata UT belum sepenuhnya diapropriasi oleh mahasiswa program magister dan kebutuhan informasi belum dapat terpenuhi. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kuantitas, kualitas, dan kemudahan akses sumber informasi, sosialisasi sumber informasi yang tersedia di Perpustakaan Digital UT, dan peran aktif pustakawan dalam memberikan layanan informasi.
ABSTRACTThis thesis discusses about transformation of universitas terbuka library service centre has been appropriated by master degree students and up to which extent master degree students rsquo information needs have been fulfilled by universitas terbuka digital library. This research uses quantitative approach with descriptive survey method. The result of this research indicates that transformation of universitas terbuka library service centre has not fully been appropriated by master degree students and information needs have not been fulfilled. Therefore, it is necessary to enhance quantity, quality and ease of access to information source, socialization of information source available at universitas terbuka digital library and active role of librarians in providing information service.