ABSTRAKBerbagi informasi sangat dibutuhkan setelah terjadinya bencana, semakin cepat informasi didapatkan, semakin cepat pula penangan bencana dilaksanakan. Oleh karena itu, penelitian ini menguji faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna twitter dalam berbagi informasi bencana. Sebagian besar penelitian sebelumnya melakukan penelitian terhadap komunitas virtual, akan tetapi peneliian ini fokus terhadap media sosial. Penelitian ini menguji faktor pribadi, lingkungan dan platform informasi, untuk faktor pribadi dan lingkungan telah banyak peneliti yang melakukan penelitian akan tetapi untuk faktor platform informasi masih jarang ditemukan pada penelitian sebelumnya.Google form mengumpulkan data dari survei daring. Tiga ratus lima puluh data telah dikumpulkan akan tetapi hanya dua ratus lima puluh tujuh daya yang valid. Penulis menggunakan Structural Equation modeling SEM untuk menganalisa data dari survei daring. Hasil dari penelitian ini menyarankan harapan dari hasil pribadi dan altruism dari faktor pribadi mempunyai efek penting terhadap niat untuk berbagi informasi. Penelitian ini juga menemukan bahwa identifikasi komunitas dari faktor lingkungan juga mempunyai efek penting terhadap niat untuk berbagi informasi, akan tetapi jumlah peserta berbagi informasi dan frekuensi untuk berbagi dan mencari informasi tidak mempunyai efek penting terhadap niat untuk berbagi infornasi. Selanjutnya, platform informasi mempunyai pengaruh positif terhadap niat untuk berbagi informasi. Selanjutnya hasil terakhir dari penelitian ini adalah niat untuk membagikan informasi berpengaruh positif terhadap perilaku berbagi informasi bencana dari pengguna twitter di Jakarta.
ABSTRACTInformation sharing has now become critically alert of disaster news spreading. The more faster the information is obtained, the disaster recovery will be done more briskly. Therefore, this study examines factors that influence twitter users in disaster information sharing. Most of the previous studies evaluated on virtual community, whereas in this study, we adjust on social media. We tested personal, environmental and information platform factors. In terms of personal and environmental factors, there a lot of research that has addressed the issues, while there are still plenty of them that are using information platforms as their main issues of literature. Google form collected the data from online survey. Three hundred and fifty data were collected, but only 257 data were valid. We used Structural Equation modeling SEM to analyze the data from online survey. The result suggests that personal outcome expectation and altruism from personal factors, as well as community identification from environmental factors, have significant effect on intention of disaster information sharing. However, the amount of sharing participant, frequency of sharing, and searching information do not have significant effect on disaster information sharing. Moreover, information platform also positively influences disaster information sharing. At last, the final result is the intention of disaster information sharing positively influences its behavior of Jakarta twitter users.