ABSTRAKKeberhasilan Jepang dalam mengembangkan ekonomi dan perdagangannya tidak lepas dari etos kerja dan konsep manajemen yang diterapkan. Salah satu konsep manajemen yang dimiliki Jepang adalah kaizen. Secara sederhana kaizen merupakan sebuah konsep perbaikan yang dilakukan terus menerus. Kaizen banyak diterapkan oleh perusahaan asal Jepang, termasuk Miniso. Penelitian ini berusaha memahami kaizen yang diterapkan, khususnya dalam pengelolaan sumber daya manusia di Miniso Supermal Karawaci. Setelah melakukan wawancara dengan store manager Miniso Supermal Karawaci, terlihat bahwa ada penerapan kaizen yang dilakukan oleh Miniso Supermal Karawaci. Penerapan kaizen tersebut berupa pembagian kelompok kerja, on the job training, fleksibilitas dalam bekerja, pengarahan dan evaluasi harian, disiplin tinggi, serta pembangunan kesejahteraan karyawan.
ABSTRACTJapan rsquo s success in developing its economy and trade can not be separated from the work ethic and management concepts applied. One of Japan 39 s management concepts is kaizen. Simply kaizen is a concept of continuous improvement. Kaizen is widely applied by Japanese companies, including Miniso. This research seeks to understand the application of kaizen, especially in the management of human resources in Miniso Supermal Karawaci. After doing interview with store manager of Miniso Supermal Karawaci, it is known that there is application of kaizen done by Miniso. The application of kaizen seen through division of working group, on the job training, flexibility in work, daily briefing and evaluation, discipline, and employee welfare development.