Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Characteristic of pericardial effusion patient based on age, gender, cytological and clinical diagnosis at SMF pathology anatomy hasan sadikin bandung hospital in 2009-2013

Indah Pratiwi, Hasrayati Agustina, Erwan Martanto (Department of Internal Medicine. Faculty of Medicine Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Efusi perikardial adalah kondisi yang sering ditemukan di praktik klinis. Manifestasi efusi bergantung pada penyebab dan penyakit penyerta serta dipengaruhi oleh karakteristik dan lokasi geografi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pasien efusi perikardial berdasarkan usia, jenis kelamin, diagnosis sitologi dan klinis. Metode: Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif retrospektif menggunakan data rekam medis pasien efusi perikardial selama 5 tahun, yaitu 1 Januari 2009 sampai dengan 31 Desember 2013. Penelitian dilakukan di SMF Patologi Anatomi RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung. Sebanyak 54 kasus diambil dengan cara total sampling pada penelitian ini. Variabel data yang digunakan adalah usia, jenis kelamin, jenis diagnosis sitologi dan kondisi klinis. Hasil: Usia yang paling banyak ditemukan adalah kelompok usia 21-30 tahun. Efusi perikardial lebih banyak terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita. Kasus efusi perikardial paling banyak berdasarkan jenis diagnosis sitologinya adalah jenis peradangan non-spesifik. Kondisi klinis yang paling sering ditemukan adalah infeksi tuberkulosis.
Simpulan: Efusi perikardial paling banyak terjadi pada usia 21-30 tahun. Berdasarkan jenis kelamin, tidak terdapat perbedaan distribusi yang mencolok pada kasus efusi perikardial. Berdasarkan diagnosis sitologi, efusi perikardial paling banyak didiagnosis sebagai jenis peradangan non-spesifik. Berdasarkan diagnosis klinis, efusi perikardial paling banyak ditemukan pada kondisi infeksi tuberkulosis.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 616 UI-IJCHEST 3:4 (2016)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Department of Internal Medicine. Faculty of Medicine Universitas Indonesia, 2016
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
ISSN : 23554584
Majalah/Jurnal : UI-IJCHEST
Volume : Vol. 3, No. 4 Desember 2016: Hal. 119-123
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
616 UI-IJCHEST 3:4 (2016) 03-18-563161742 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20469568
Cover