Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Guru dan penguatan pendidikan karakter: Implementasi gerakan nasional revolusi mental (studi kasus di sman 3 jember) / Aryni Ayu W

Aryni Ayu Widiyawati; (BALAI PELESTARIAN NILAI BUDAYA D.I. YOGYAKARTA, 2017)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganilisis guru dan pendidikan karakter sebagai dari Gerakan Nasional Revolusi Mental yang mengandung unsur pendidikan, pengembangan karakter, wawasan kebangsaan, dan etika. Guru sebagai tokoh sentral dalam pendidikan, selalu berhubungan dengan pembentukan pengembangan karakter. Pendidikan nasional berdasarkan Undang-undang No. 20 Tahun 2003 bertujuan mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pendidikan Karakter menurut Lickona merupana suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang intiter masuk nilai-nilai dalam tujuan pendidikan nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik kepustakaan, pengamatan, praktik mengajar, dan wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru dan pendidikan karakter sejatinya merujuk pada teori struktural fungsional Robert K. Merton sebuah struktur organis yang tak dapat dipisahkan antara anggota dan tubuhnya. Strategi untuk pendidikan karakter dapat diimplementasikan melalui: (1) memberikan model nyata, (2) menanamkan disiplin, (3) membentuk kebiasaan, (4) menciptakan atmosfer model nyata, (5) integrasi dan internalisasi di SMA Negeri 3 Jember.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 400 JANTRA 12:2 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Yogyakarta: BALAI PELESTARIAN NILAI BUDAYA D.I. YOGYAKARTA, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 19079605
Majalah/Jurnal : Jantra Jurnal Sejarah dan Budaya
Volume : Vol. 12, No. 2, Desember 2017: Hal. 93-104
Tipe Konten : teks
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : https://jantra.kemdikbud.go.id/index.php/jantra/article/view/43/22
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia, lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
400 JANTRA 12:2 (2017) 03-18-321573860 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20469743
Cover