Artikel Jurnal :: Back

Artikel Jurnal :: Back

Pembelajaran kritis di pesantren; studi kasus di pesantren pertanian darul fallah bogor/ Sarwenda

Sarwenda; (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah , 2014)

 Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis yang dimilki oleh santri dikembangkan melalui berbagai pendekatan pembelajaran selama santri menuntut ilmu di pesantren. Di antara pendekatan tersebut adalah kesadaran kritis yang di implementasikan melalui pembelajaran kitab tua dimana santri dituntut untuk dapat mengkritisi kontetn dari kitab tersebut. Pendekatan pembelajaran yang lain adalah diskusi dan debat dimana santri dan gurunya berada pada posisi yang ekual atau sama. Dalam pendekatan ini juga dikembangkan kebiasaan bekerja secara kooperasi dan kolaborasi. PEndekatan terakhir adalah pembelajaran melalui pemecahan isu-isu konstektual menjadi pemicu pelaksanaan pembelajaran. Meskipun pendekatan-pendekatan tersebut melahirkan santri yang dapat berpikir kritis, namun hal ini tidak menjadikan santri kehilangan akhlak perilakunya terhadap guru, yang oleh sebagian orang menganggap akan hilang jika pendekatan pembelajaran demikian diterapkan.

 Metadata

Collection Type : Artikel Jurnal
Call Number : 370 TAR 1:2 (2014)
Main entry-Personal name :
Subject :
Publishing : Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah , 2014
Cataloguing Source : LibUI ind rda
ISSN : 23561416
Magazine/Journal : TARBIYAH
Volume : vol. 1, No. 2 Desember 2014: hal 149-164
Content Type : text
Media Type : unmediated
Carrier Type : volume
Electronic Access :
Holding Company : Universitas Indonesia
Location : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
370 TAR 1:2 (2014) 03-18-394649490 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 20469773
Cover