Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Peranan guru ipa dan ips dalam menanamkan nilai yang terkandung dalam konten ipa dan ips di madrasah ibtida`iyah

Nafia Wafiqni, Burhanudin Milama (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah , 2014)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru IPA dan IPS dalam menanamkan nilai yang terkandung dalam konten IPA dan IPS di Madrasah Ibtida'iyah. Metode yang digunakan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian kualitatif ini peneliti bermaksud untuk bermaksud memahami situasi sosial secara mendalam, menemukan pola, hipotesis dan teori. Sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yakni 10 guru yang mengajar mata pelajaran IPA dan IPS di Madrasah Ibtidaiyah yang dipilih secara acak. MI yang beroservasi adalah suatu sekolah yang menjadi perwakilan di Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur. Dan hasil peleitian terungkap bahwa untuk penanaman karakter yang sifatnya terlihat sudah dilakukan oleh guru walaupun belum bervariasi. Karakter yang dikembangkan oleh guru seperti tanggung jawab, bekerja sama, saling menghormati, dan menghargai. Sedangkan untuk penggalian nilai yang terkandung dalam konten IPA dan IPS itu sendiri belum banyak dilakukan oleh guru. Hal ini terlihat dari RPP yang dibuat oleh guru-guru tersebut.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 370 TAR 1: 2 (2014)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah , 2014
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 23561416
Majalah/Jurnal : TARBIYAH
Volume : Vol. 1, No. 2 Desember 2014: hal. 239-254
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 TAR 1: 2 (2014) 03-18-078521589 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20469814
Cover