Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Variasi kalimat tunggal dan majemuk dalam wacana iklan mobil di kedaulatan rakyat

oleh Aji Prastyo (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2016)

 Abstrak

Analisis variasi kalimat dalam penelitian ini merupakan analisis berdasarkan variasi pola kalimat tunggal dalam wacana iklan mobil berdasarkan kategori kata pada predikat, antara lain kalimat tunggal berpredkat verba, kalimat tunggal berpredikat adjektiva, kalimat tunggal berpredikat nomina, kalimat tunggal berpredikatfrasa preposisi, dan kalimat tunggal berpredikatfrasa numeralia. Analisis variasi pola kalimat majemuk dalam wacana iklan mobil verdasarkan struktur fungsinya, yaitu subjek (S), predikat (P), objek (O), pelengkap (Pel), dan keterangan (Ket).
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan variasi pola kalimat tunggal dalam wacara iklan mobil berdasarkan kategori kata pada predikat dan mendeskripsikan variasi pola kalimat majemuk dalam wacara ilan mobil berdasarkan struktur fungsinya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah kalimat tunggal dan majemuk dalam iklan mobil pada surat kabar Kedaulatan Rakyat edisi 2015.
Data penelitian ini adalah variasi kalimat tunggal dan majemuk dalam iklan mobil di surat kabar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode, observasi langsung, catatan teknis, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan metode agih. Teknik lanjutan penelitian ini menggunakan teknik ubah wujud, teknik ini selalu mengalami perubahan wujud salah satu atau beberapa unsur lingual yang berkaitan. Analisis variasi kalimat dalam penelitian ini adalah analisis klausa berdasarkan fungsi unsur-unsurnya.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 400 JIKKT 4:1 (2016)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Ambon: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2016
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 23391154
Majalah/Jurnal : Toto Buang: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan
Volume : Vol. 4, No. 1, Juni 2016: hal. 13-25
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
400 JIKKT 4:1 (2016) 03-18-396252255 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20469892
Cover