Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Penerimaan informasi melalui digital talking book oleh siswa tunanetra

Tuti Alawiyah, Ibnu Hamad (PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 2017)

 Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana penerimaan informasi media pembelajaran Digital Talking Book oleh siswa tunanetra. Pada intinya, penerimaan informasi adalah mengubah pesan ke dalam bentuk yang dapat digunakan untuk memandu perilaku manusia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus. Informan adalah salah satu siswa tunanetradi sekolah inklusi MTsN 19 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan informasi melalui Digital Talking Book secara bergantian sesuai dengan kebutuhan. Dalam tahapan intepretasi Braille. Dalam tahapan retensi memori, informan mampu mengingat secara baik informasi yang bersifat sementara, seperti kata-kata yang berupa istilah, angka-angka, dan penjelasan tentang definisi, namun keterbatasan untuk memori jangka panjang sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Kecenderungannya adalah bahwa informan lebih memilih Braille dibandingkan dengan Digital Talking Book karena dianggap lebih mudah, ekonomis, dan cepat; merasa berinteraksi langsung dengan tulisa; dan penggunaan indera perabanya lebih optimal sehingga mengingat lebih cepat.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 371 TEKNODIK 21:1 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 20883978
Majalah/Jurnal : Jurnal Teknodik
Volume : Vol. 21, No. 1, Juni 2017: Hal. 44-58
Tipe Konten : teks
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia, lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
371 TEKNODIK 21:1 (2017) 03-18-305817251 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20469911
Cover