Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Implementasi dan analisis purwarupa sistem collision avoidance pada mobil pintar berbasis jaringan sensor nirkabel / Dwi Kresna Wijaya, Doan Perdana, Y. Gutsommy Bisono

Dwi Kresna Wijaya; Doan Perdana; Y. Gustommy Bisono (Pusat Penelitian dan Pengembangan SDPPPI Kementrian Komunikasi dan Informatika, 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Kecelakaan menjadi penyebab tertinggi ketiga kematian di dunia. Melalui sistem collision avoidance yang diterapkan pada mobil pintar, diharapkan agar kecelakaan pada mobil dapat terhindarkan dan angka kecelakaan dapat berkurang. Sistem ini menerapkan konsep Wireless Sensor Network (WSN), jenis jaringan yang dapat melalukan proses sensing, pengiriman data, serta monitoring melalui koneksi internet. Perancangan dan implementasi purwarupa collision avoidance pada mobil pintar ini bekerja dengan cara mendapatkan jarak antar mobil yang didapat dari sensor Ultrasonik HC-SR04 yang kemudian menjadi input Arduino untuk mengatur kecepatan optimal mobil agar tidak terjadi tabrakan. Komunikasi antar mobil menggunakan Xbee S2 yang dihubungkan ke Raspberry Pi untuk dikoneksikan ke web server. Informasi yang didapat berupa jarak dan kecepatan mobil akan ditampilkan pada website yang dapat diakses oleh pengguna. Hasil pengujian didapatkan jangkauan maksimal Xbee S2 adalah 89 meter. Nilai delay dari sensor hingga sistem monitoring didapatkan rata-rata 0,411 detik, sedangkan nilai throughput rata-rata adalah 641,73 bytes/s.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 302 BPT 15:2 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan SDPPPI Kementrian Komunikasi dan Informatika, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 16930991
Majalah/Jurnal : Buletin Pos Dan Telekomunikasi
Volume : Vol. 15, No. 2, Desember 2017: Hal. 65-76
Tipe Konten : teks
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia, lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
302 BPT 15:2 (2017) 03-18-090515789 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20470028
Cover