Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Analisis kebutuhan regulasi terkait dengan internet of things / Diah Kusumawati, Bagus Winarko, Riva'atul Adaniah Wahab, Wirianto Pradono

Diah Kusumawati; Bagus Winarko; Riva`atul Adaniah Wahab; Wirianto Pradono (Pusat Penelitian dan Pengembangan SDPPPI Kementrian Komunikasi dan Informatika, 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Forum IoT Indonesia memprediksi potensi pasar IoT Indonesia tahun 2020 mencapai sekitar 35 miliar dolar. Tulisan ini menganalisis kebutuhan regulasi IoT di Indonesia yaitu standar keamanan, standar perangkat, model penyelenggaraan bisnis, serta ekosistem IoT untuk disesuaikan dengan kondisi Indonesia saat ini. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dan FGD serta dianalisis menggunakan 3 tahap awal metode Regulatory Impact Analysis dan teori Benefit, Opportunity, Cost and Risk terhadap masing-masing alternatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parameter yang perlu di regulasi untuk masing-masing isu IoT antara lain 1) Standar keamanan: perlindungan data pribadi, interoperabilitas, keamanan jaringan, dan keamanan aplikasi, 2) Standar perangkat: TKDN perangkat, sistem otentifikasi, dan keamanan perangkat, 3) Model bisnis: pemanfaatan spektrum, dan 4) Ekosistem: alokasi spektrum. Rekomendasi yang dapat disampaikan yaitu perlu kerjasama antarstakeholder untuk menyusun Roadmap IoT Indonesia, penambahan jumlah bandwidth pada spektrum frekuensi eksisting, mengkaji regulasi eksisting perangkat sesuai teknologi IoT yang paling banyak digunakan di dunia, pemetaan sektor apa yang sangat berpotensi di Indonesia, regulasi privasi dan keamanan perangkat, mengkaji kebijakan persyaratan TKDN, dan model bisnis khusus antara produsen IoT dalam negeri untuk penggunaan IoT di sektor pemerintah.

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 302 BPT 15:2 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan SDPPPI Kementrian Komunikasi dan Informatika, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 16930991
Majalah/Jurnal : Buletin Pos Dan Telekomunikasi
Volume : Vol. 15, No. 2, Desember 2017: Hal. 121-138
Tipe Konten : teks
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia, lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
302 BPT 15:2 (2017) 03-18-492098654 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20470069
Cover