Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Perdangangan bebas versus proteksionisme

oleh Lepi T. Tarmidi (Program Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik Fakultas Universitas Indonesia (MPKP-FEUI), 2014)

 Abstrak

ABSTRAK
Selama 20 tahun terakhir, dunia telah melihat proliferasi Perjanjian Perdagangan Bebas Regional. Beberapa ekonom Indonesia mengkritik efek negatif dari pola pikir "neo-liberal" ini, justru mereka mempromosikan langkah-langkah perlindungan untuk membela industri dalam negeri. Setiap warga negara harus menjadi patriot dan nasionalis, dan tidak menjadi hamba kekuatan ekonomi asing yang besar. Namun, sebagian besar ekonom condong pada ide perdagangan bebas, karena dapat membawa kemakmuran bagi rakyat melalui keuntungan dari perdagangan. Ekonom ini juga nasionalis. Namun, kontroversi antara perdagangan bebas dan proteksionisme memiliki sejarah panjang, sejak zaman Merkantilisme dan Adam Smith. Penulis makalah ini menemukan bahwa asal kontroversi ini adalah kesalahpahaman dari istilah "perdagangan bebas". Dalam prakteknya "perdagangan bebas" berarti liberalisasi sampai titik tertentu, karena dalam setiap perjanjian perdagangan bebas ada ketentuan tentang mekanisme pertahanan perdagangan. Ada satu contoh dari perdagangan bebas yang nyata, di mana tidak ada batas ekonomi antar negara, di mana ada penyatuan ekonomi dan moneter (Euro), dan itu yaitu Uni Eropa. Artikel ini diakhiri dengan bab tentang Indonesia.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 338 UI-JKE 9:2 (2014)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Program Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik Fakultas Universitas Indonesia (MPKP-FEUI), 2014
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 18582311
Majalah/Jurnal : Jurnal Kebijakan Ekonomi
Volume : Vol. 9, No. 2, April 2014: Hal. 105-126
Tipe Konten : Text
Tipe Media : Unmediated
Tipe Carrier : Volume (rdcarrier)
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
338 UI-JKE 9:2 (2014) 03-18-731934022 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20470791
Cover