Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Perancangan aplikasi sistem presensi siswa berbasis android pada SMP negeri 2 tinambung / Aphrizal

Aphrizal; (Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Perilaku membolos sekolah pada remaja saat ini dapat disebabkan oleh beberapa factor-faktor personal atau siswa itu sendiriantara lain hilangnya minat akademik siswa, kondisi ketinggalan pelajaran, atau karena kenakalan remaja, serta faktor keluarga misalnya karena kurangnya partisipasi orang tua/wali dalam pendidikan anak. Absensi manual yang diterapkan saat ini masih menggunakan surat sehingga butuh jangka waktu yang ditentukan sekolah agar orang tua dapat mengetahui status anaknya. Dengan penerapan sistem presensi siswa berbasis android orang tua/wali siswa dapat memantau anaknya secara berkala berdasarkan jam pelajaran. Aplikasi ini dibuat dalam bentuk mobile dan website. Metode yang digunakan adalah rancang bangun pengambilan data kegiatan secara langsung dan data dari pihak sekolah menggunakan perangkat penyimpanan data. Aplikasi ini menggunakan koneksi GPRS/HSDPA atau Wifi sebagai media konektivitasnya Aplikasi ini dapat digunakan oleh guru dan orang tua/wali siswa serta mampu memberikan informasi tentang status presensi siswa bagi orang tua/wali siswa secara online.

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 607 JPPI 7:1 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI indeng rda
ISSN : 20889402
Majalah/Jurnal : Jurnal Penelitian Pos dan Informatika
Volume : Vol. 7, No. 1, September 2017: Hal. 49-58
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
607 JPPI 7:1 (2017) 03-18-410707580 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20470921
Cover