Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pemanfaatan analisis sentimen untuk pemeringkatan popularitas tujuan wisata / Murnawan

Murnawan; Sinaga, Ardiles (Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Saat ini, hampir seluruh industri tidak terkecuali industri pariwisata pasti bersentuhan dengan teknologi informasi. Peranan teknologi dalam meningkatkan industri pariwisata di Indonesia sangat erat kaitannya. Selama berwisata, wisatawan juga dapat membagikan pengalamannya melalui upload foto maupun aktif berkomentar baik di media sosial maupun di forum diskusi yang khusus membahas tentang pariwisata. Informasi seputar kondisi pariwisata, pengalaman wisatawan, opini serta foto yang di upload dari tempat wisata, dapat diolah menjadi suatu informasi yang sangat bermanfaat, salah satunya adalah dapat dimanfaatkan untuk pemeringkatan popularitas. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat memberikan informasi tentang popularitas tujuan wisata. Informasi yang dihasilkan sangat bermanfaat untuk semua kalangan, mulai dari wisatawan, masyarakat, pemerintah, hingga industri pariwisata. Dalam penelitian ini dibuat rancangan sistem yang dapat menentukan peringkat tujuan wisata yang paling populer dengan memanfaatkan analisis sentimen. Ada lima komponen penilaian untuk menghasilkan nilai akhir dari peringkat popularitas yaitu comment count, facebook likes count, facebook were here count, facebook talking about dan instagram visitor. Pada penelitian ini, peneliti memutuskan untuk menggunakan strategi klasifikasi berdasarkan pada algorima naïve bayes (NB) karena merupakan suatu metode yang sederhana dan intuitif yang kinerjanya mirip dengan pendekatan lain. Selain itu, berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu, NB menggabungkan efisiensi waktu kinerja yang optimal yang cukup akurat.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 607 JPPI 7:2 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 20889402
Majalah/Jurnal : Jurnal Penelitian Pos dan Informatika
Volume : Vol. 7, No. 2, Desember 2017: Hal. 109 - 120
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
607 JPPI 7:2 (2017) 03-18-173588182 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20470930
Cover