Artikel Jurnal :: Back

Artikel Jurnal :: Back

Clustering tipe belajar siswa SMKN 2 penajam paser utara dengan penerapan metode data mining k-means dan fuzzy c-means (FCM) / Reza Andrea

Reza Andrea; Shinta Palupi; Siti Qomariah (Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2017)

 Abstract

Ketidakmampuan siswa dalam menyerap berbagai pengetahuan yang disampaikan oleh guru bukan dikarenakan ketidakmampuan pemahamannya dan bukan pula dikarenakan guru tidak mampu mengajar, melainkan dikarenakan ketidakcocokan gaya belajar antara siswa dan guru, sehingga siswa merasa tidak nyaman belajar pada guru tertentu. Hal tersebut juga terjadi di SMKN 2 Penajam Paser Utara, sehingga perlu dilakukan penelitian ini, untuk menganalisis cluster (kelompok) tipe belajar siswa dengan menerapkan metode data mining yaitu K-Means dan Fuzzy C-means. Tujuan adalah mengetahui keefektivan clustering tipe belajar ini terhadap perkembangan daya serap dan peningkatan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan untuk melakukan clustering tipe belajar dengan proses data mining
dimulai dari tahap data cleaning, data selection, data transformation, penambangan data, pattern evolution, dan pengembangan pengetahuan.

 Metadata

Collection Type : Artikel Jurnal
Call Number : 607 JPPI 7:2 (2017)
Main entry-Personal name :
Additional entry-Personal name :
Subject :
Publishing : Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2017
Cataloguing Source : LibUI ind rda
ISSN : 20889402
Magazine/Journal : Jurnal Penelitian Pos dan Informatika
Volume : Vol. 7, No. 2, Desember 2017: Hal. 121 - 128
Content Type : text
Media Type : unmediated
Carrier Type : volume
Electronic Access :
Holding Company : Universitas Indonesia
Location : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
607 JPPI 7:2 (2017) 03-18-944828170 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 20470933
Cover