UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi bersaing jasa ATM (Automated Teller Machine) pada PT BDN (persero)

Zerry Syafrial; Ahmad Fuad Afdhal, supervisor ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak

RIGKASAN EKSEKUTIF
Teknologi telah merubah persaingan yang ada diindustri perbankan,
pelayanan yang tadinya dilakukan secara tradisional melalui tatap muka
dengan karyawan bank pada kantor cabang sebuah bank kini berubah melalui
remote banking yaitu, pelayanan dilakukan dengan melalui peralatan teknologi
seperti mesin ATM, phone banking, kartu kredit, virtual kiosk dll. Para nasabahpun menjadi semakin manja dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan
/ bank, sehingga mau tidak mau bank-bank yang ada pun semakin bersaing
./ untuk memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya melalui inovasi produkproduknya. Consumer banking merupaklan segmen pasar yang menarik untuk dijajaki, hal tersebut karena pola hidup masyarakat yang semakin mobile,
pendapatan masyarakat Indonesia yang semakin baik pula.
BDN sebagai salah satu Bank Pemerintah yang tadinya lebih
terkonsentrasi pada pangsa pasar korporat, kini mulai mengarahkan
perhatiannya kepada pangsa pasar retail. Salah satu bentuk pelayanan yang
diberikan untuk pangsa pasar retail adalah pelayanan remote banking melalui
ATM (Automated Teller Machine) dalam rangka mengkoordinasi jasa ATM ini
maka BDN membentuk ATM Center. Jasa ATM yang dimiliki oleh BDN sendiri
terdiri dari ATM Bersama dan ATM Stand alone yang mana kedua jenis ATM
ini belum merupakan system ATM on line oleh karena itu BDN telah
rnenyempurnakan produk jasa ATMnya dengan rnenciptakan satu produk ATM
online yang baru yaitu ATM BDNPAS yang diharapkan nantinya akan
menggantikan jenis-jenis ATM sebelumnya.
Untuk melayani jasa ATM BDNPAS ini ATM Center mengalami
keterbatasan-keterbatasan dan kelemahan-kelemahan antara lain, dalam
penyediaan infra struktur seperti belum meratanya Jaringan system online yang
ada di cabang-cabang, kurangnya keahlian Sumber saya manusia yang ada
sehingga menyebabkan lemahnya penelitian dan pengembangan sehingga
batkan produk ATM BDNPAS kurang dapat bersaing di pasaran.
Untuk dapat bersaing maka BDN harus dapat mengidentifikasikan
tuhan dan keinginan konsumen dan menentukan target nasabah mana
Yang akan dilayani yang mana berdasarkan survey dan kondisi BDN maka
akan lebih menguntungkan jika BDN memilih para karyawan sebagai target
nasabah yang akan. dilayani (Concentric diverczflcation). Strategi yang dipakai diawali melalui pembayaran gaji (payroll package) perusahaan-perusahaan yang ada dilingkungan BDN seperti karyawan BDN, rekanan, nasabah-nasabah perusahaan BDN dengan membuat kartu ATM yang berfungsi sebagai kartu tanda pegawai perusahaan-perusahaan tersebut dan berusaha untuk melakukan strategi guerilla dengan melakukan presentasi-presentasi di perusahaanperusahaan lainnya dalam rangka mengajak perusahaan tersebut untuk melakukan pembayaran gaji kepada karyawannya melalui BDNPAS (Market penetration). Tetapi untuk mencapai target yang ditentukan oleh korporat BDN yaitu 200 mesin ATM yang terpasang pada 27 propinsi pada akhir tahun 1997 dengan pemegang rekening sebanyak 2,9 juta nasabah dengan saldo rata-rata nasabah sebesar 2,5 juta rupiah /perbulan maka ATM Center harus melakukan konsolidasi kedalam dengan melakukan promosi, Wan, mempercepat proses pembukaan rekening, pendistibusian kartu dan PIN mengarahkan kartu ATM BDNPAS tidak hanya sebagai sarana untuk melakukan penarikan uang di mesin ATM saja tetapi juga sebagai simbol atau status bagi pemegangnya (Market development) ; melakukan penyempurnaan terhadap feature produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabah dengan menekankan kepada reliabilitas, keamanan, dan kenyamanan melalui quality asurance yang baik ntuk setiap proses, dan standarisasi pelayanan terhadap nasabah yang baik(Product Development) ; mengkoordinasi pihak-pihak yang terkait dalam operasional ATM , yaitu Cabang sebagai distribution chanel, UTI sebagai penanggung jawab bidang komumkasi dan penelitian dan pengembangan, URK bagian Pengembangan Cabang (promosi usaha) yang bertanggung jawab terhadap promosi dan Wan agar memiliki komitmen yang sejalan dengan misi dan visi dari ATM Center ; mengarahkan agar komunikasi, penelitian dan pengembangan serta promosi dan Wan menjadi satu di bawah ATM Center.

 File Digital: 1

Shelf
 T7341-Zerry Syafrial.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text (rdaconten)
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vii, 97 pages : illustration ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-252602042 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20471099
Cover