Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Hak-hak disabel yang terabaikan: kajian pemenuhan kebutuhan dasar penyandang disabilitas keluarga miskin = Neglegted disable rights: a study on disabled basic need in poor family

oleh Sunit Agus Tri Cahyono, Pantyo Nugroho Probokusumo (Kementerian Sosial Republik Indonesia, 2016)

 Abstrak

Penelitian hak-hak difabel yang terabaikan ini bertujuan mendeskripsikan pemenuhan hak-hak rehabilitasi penyandang disabilitas dalam keluarga miskin di Kota Banjarmasin. Analisis data secara deskriptif kualitatif, informan terdiri atas keluarga dan penyandang disabilitas, aparat dinas sosial, pelaku program rehabilitasi, dan tokoh masyarakat peduli difabel. Data dan informasi diperoleh melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa sebagian besar penyandang disabilitas mengalami perlakuan diskriminatif dalam memenuhi kebutuhan dasarnya, seperti hak mengikuti pendidikan, layanan kesehatan, pekerjaan, akses mobilitas fisik dan sosial, rekreasi, serta persamaan dalam hukum dan politik.
Penelitian merekomendasikan kepada Kementerian Sosial, dinas sosial, dan instansi terkait perlunya dilakukan konseling terhadap keluarga/orangtua terkait dengan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas, melalui peningkatan atau penguatan peran orangtua dalam pengasuhan, rehabilitasi, potensi dan kebutuhan, serta pemberdayaan ekonomi keluarga penyandang disabilitas, terutama yang berkaitan dengan ha pendidikan, kesehatan, pekerjaan, jaminan dan perlindungan sosial, informasi dan komunikasi, hak mobilitas fisik, situasi darurat, olahraga, hiburan, rekreasi, serta hak persamaan atas hukum dan politik.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 360 MIPKS 40:2 (2016)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Yogyakarta : Kementerian Sosial Republik Indonesia, 2016
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 20884265
Majalah/Jurnal : Media Informasi
Volume : Vol. 40, No. 2, (2016): Hal. 93-108
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
360 MIPKS 40:2 (2016) 03-18-835618281 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20471228
Cover