Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Rancangan bangun prototype sistem kendali bagan tangkap nelayan menggunakan mikrokontroler berbasis android = The prototype design of bagan tangkap fisherman's controlling system using microcontroller based on android

Iksal, Agung Triayudi, Ahmad Rizki Firdaus (Unisba Pusat Penerbitan Universitas (P2U-LPPM), 2017)

 Abstrak

Bagan Tancap merupakan salah satu jaring angkat yang dioperasikan di perairan pantai pada malam hari dengan menggunakan jaring angkat sebagai media penangkap ikan dan cahaya lampu sebagai faktor penarik ikan. Namun untuk mengefesiensi pekerjaan nelayan, maka diperlukan sebuah alat kendali yang bisa mengendalikan jaring angkat dan cahaya lampu agar dapat membantu kegiatan nelayan dalam mencari ikan di malam hari. Penelitian ini menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno dan terdapat lampu LED sebagai penerangan dan Motor DC Gear Box sebagai kontrol naik turun jala/jaring. Penelitian ini dirancang menggunakan Flowchart untuk rancangan program pada mikrokontroler serta UML digunakan untuk rancangan pada aplikasi kendali bagan tancap dan dibangun menggunakan bahasa pemrograman Arduino IDE, serta Android.
Dari hasil penelitian ini tercipta sebuah prototype system pada bagan tancap yang dapat mengendalikan lampu dan naik turun jala/jaring. Berdasarkan hasil pengendalian lampu dan naik turun jala/jaring tersebut akan diproses dengan Mikrokontroler Arduino Uno, sehingga menghasilkan keluaran yang sesuai dengan perintah yang di inginkan pada alat prototype pada bagan tancap.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : AJ-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Bandung: Unisba Pusat Penerbitan Universitas (P2U-LPPM), 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 2502065x
Majalah/Jurnal : Ethos Jurnal penelitian dan Pengabdian
Volume : Vol.5, No.2, Juni 2017: hal.291-303
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
AJ-Pdf 03-18-627216449 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20471811
Cover