Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Perubahan kreativitas seni sebuah proses simbolis dalam kategori sejarah/ I Gusti Ngurah Seramasara

I Gusti Ngurah Seramasara; (Pusat Penerbitan LP2MPP Institut Seni Indonesia Denpasar, 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Perubahan kreativitas seni tidak bisa dipisahkan dengan perubahan struktur masyarakat Bali. Perubahan struktur masyarakat Bali merupakan dinamika pergerakan masyarakat dari struktur tradisional menuju pada struktur modern. Struktur masyarakat modern di Bali muncul sebagai dampak dari berkembangnya kekua- san kolonial Belanda, yang berimplikasi terhadap perubahan kreativitas seni dari yang bersifat pengabdian menuju pada kreativitas komersiil. Perubahan biasanya dilihat sebagai sebuah evolusi dari periode ke periode, dan setiap realitas dalam satu periode digeneralisasikan mewakili mewakili jaman, padahal setiap jaman terdapat tingkat perubahan yang berbeda. Tulisan ini ingin melihat perbedaan perubahan dalam satu jaman melalui konsep transformasi struktural dalam kategori sejarah.
Untuk menjelaskan perubahan kreativitas seni sebuah proses simbolis dalam kategori sejarah, digunakan metode penelitian sejarah, dengan cara mengumpulkan sumber (heristik), kemudian melakukan kritik sumber, untuk mengetahui sumber yang sesuai dengan penulisan, kemudian melakukan interpretasi yang akhirnya dilanjutkan dengan sintesis yaitu menulis hasil penelitian.
Transformasi struktural dalam masyarakat Bali terutama di Ubud, antara kategori tradisional dengan kategori modern mengalami integrasi kultural, karena prinsip-prinsip pengabdian sebagai norma dan budaya tradisional, dapat hidup terintegrasi dengan prinsip-prinsip komersiil, sesuai dengan perkembangan jaman. Kreativitas seni sebagai proses simbolis dalam memaknai realitas dapat dipisahkan antara kepentin- gan untuk pengabdian dengan kepentingan untuk komersiil yang didukung oleh perkembangan Pariwisata yang menempatkan Ubud khususnya dan Bali pada umumnya sebagai Pasar Internasional.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 300 MUDRA 32:2 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Denpasar: Pusat Penerbitan LP2MPP Institut Seni Indonesia Denpasar, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 08543461
Majalah/Jurnal : MUDRA Jurnal Seni Budaya
Volume : Vol. 32 No. 2, Mei 2017: Hal. 178-185
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
300 MUDRA 32:2 (2017) 03-18-013577479 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20471840
Cover