Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Genealogi porosan sebagai budaya agama hibrida dan maknanya pada masyarakat Hindu di Bali = Genealogy of porosan as a hybrid religion culture and its meaning to Hinduism community in Bali

Nengah Bawa Atmadja, Anantawikarama Tungga Atmadja, Tuty Maryati (Pusat Penerbitan LP2MPP Institut Seni Indonesia Denpasar, 2017)

 Abstrak

Artikel ini merupakan hasil penelitian kualitatif memakai paradigma teori sosial kritis. Masalah yang dikaji adalah genealogi porosan dan maknanya bagi agama Hindu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bertumpu pada paradigma interpretatif dan paradigma teori sosial kritis (Ritzer, 2012). Objek kajiannya adalah porosan sebagaimana yang digunakan pada canang sari.Hasil kajian menunjukkan bahwa porosan adalah simbol berbentuk budaya agama hibrida. Artinya, porosan merupakan campuran antara tradisi mengonsumsi sirih pinang (nginang) dan pemujaan terhadap Tri Murti. Hal ini dapat diabstraksikan dalam gagasan, yakni porosan/canang = pinang + sirih + kapur = merah + hitam/hijau + putih = Brahma + Wisnu + Siwa = Pencipta + Pemelihara + Pelebur = A+ U + M = OM = Tuhan. Porosan harus ada pada sesajen antara lain canang sari. Pemakaian porosan tidak saja bermakna keagamaan, tetapi juga teologi sosial, yakni pedoman bertindak mengikuti Tri Murti guna menciptakan kebudayaan berbasiskan aksiologi Hindu, yakni satyam, sivam dan sundaram. Dengan demikian terbentuk suatu budaya yang menjunjung tinggi harmoni sosial, ekologis dan teologis.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 300 MUDRA 32:2 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Denpasar: Pusat Penerbitan LP2MPP Institut Seni Indonesia Denpasar, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 08543461
Majalah/Jurnal : MUDRA Jurnal Seni Budaya
Volume : Vol. 32 No. 2, Mei 2017: Hal. 229-237
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
300 MUDRA 32:2 (2017) 03-18-485529063 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20471846
Cover