Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Kajian estetika ilustrasi pada baju kaos merek Furious di Denpasar-Bali / I Gede Agus Indram Bayu Artha

I Gede Agus Indram Bayu Artha; (Institut Seni Indonesia Denpasar, 2017)

 Abstrak

ABSTRACT
Ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik sketsa, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya yang Iebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk. Saat ini ilustrasi dari desain baju lokal sudah mulai berkembang, ilustrasi menjadi hal yang penting dalam desain baju kaos. Sebuah ilustrasi tidak hanya sebagai penghias semata tetapi menjadi sebuah identitas dari sebuah produk.
Ada permasalahan mendasar yang dikaji dalam tulisan ini yaitu konsep estetika dari ilustrasi baju kaos merek Furious yang ada di Denpasar. Adapun teori yang digunakan dalam membedah permasalahan tersebut adalah Teori estetika modern yaitu estetika yang didapat dari unsur-unsur seni rupa dan desain untuk menjawab permasalahan konsep estetika dari ilustrasi baju chaos merek Furious. Hasil dari kajian sent in diuraikan berdasarkan Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif yang berarti penggambaran sifat suatu keadaan yang berjalan pada saat penelitian. Prinsip pokok metode ini adalah mengolah dan menganalisis data-data yang terkumpul menjadi data sistematis, teratur dan terstruktur, dan mempunyai makna.
Hasil penelitian menunjukkan ilustrasi dari baju kaos merek Furious ini, Berdasarkan konsep estetika ilustrasi ini mempunyai keindahan dari unsur garis, bidang, wama dan huruf Serta sesuai dengan prinsip-prinsip seni rupa dan desain yaitu: irama, kesatuan, dominasi, keseimbangan, proporsi, kesederhanaan dan kejelasan yang membuat ilustrasi ini mempunyai nilai keindahan. Pada akhirnya ilustrasi baju kaos Furious dapat dipahami sebagai dari perspektif kajian seni.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 700 JSRD 21:1 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Denpasar: Institut Seni Indonesia Denpasar, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 14120380
Majalah/Jurnal : PRABANGKARA: Jurnal Seni Rupa dan Desain
Volume : Vol. 21, No. 1, Juni 2017: Hal. 23-30
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
700 JSRD 21:1 (2017) 03-18-796137351 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20471891
Cover