Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pengelolaan penjernihan air sederhana secara mandiri di level komunitas teori dan praktik = The management of independenty simple water furification in theory and practice community level

Ernawati Hendrakusumah, Hani Burhanudin, Odah (Unisba Pusat Penerbitan Universitas (P2U-LPPM), 2017)

 Abstrak

Kegiatan PKM ini dilandasi adanya fenomena masih banyaknya masyarakat yang belum mendapatkan akses pelayanan air minum (SPAM) berbaku mutu. Objek PKM adalah masyarakat di Desa Cikole Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani dan menggunakan sumber air baku untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan bahkan untuk air minum dari air permukaan yang berasal dari air pegunungan, tanpa pengolahan air sesuai standar. Air dari sumbernya ditampung melalui bak penampungan air kemudian langsung didistribusikan secara gravitasi ke masing-masing rumah penduduk dengan sistem perpipaan sederhana, tanpa melalui proses penyaringan dan pengujian kualitas air terlebih dahulu. Sehingga dari sisi kualitas, air tersebut, memerlukan sistem penyaringan, terutama pada saat musim penghujan.
Karena itu melalui kegiatan PKM berupa Pelatihan Pengelolaan Sanitasi Lingkungan: Penjernihan Air, diharapkan masyarakat selain paham tentang kriteria air berbaku mutu, juga mampu melakukan pengolahan air melalui model penyaringan/penjernihan air sederhana yang dapat dilakukan oleh masyarakat secara mandiri. Kegiatan PKM ini telah melibatkan beberapa institusi terkait, mulai di level komunitas RT, RW, Kadus, Pengelola Air, Aparat Desa Cikole, dan Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : AJ-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Bandung: Unisba Pusat Penerbitan Universitas (P2U-LPPM), 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 2502065X
Majalah/Jurnal : Ethos Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Volume : Vol.5, No.1, Januari 2017: hal.122-129
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
AJ-Pdf 03-18-257815746 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20471979
Cover