UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengembangan modal manusia pada pemuda untuk memasuki dunia kerja: studi deskriptif YEE pathway model pada projek YEE kiat muda di Yayasan Plan International Indonesia = Human capital development for youth to work place: descriptive study of YEE pathway model in YEE kiat muda project by Yayasan Plan International Indonesia

Yumna Ulfah Fauziyah; Lia Djoemeliarasanti Djoekardi, supervisor; Ety Rahayu, examiner; Kania Saraswati examiner; Ni Luh Putu Maitra Agastya, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRACT
Skripsi ini menggambarkan pengembangan modal manusia yang dilakukan oleh Yayasan Plan International Indonesia agar pemuda siap memasuki dunia kerja, melalui penerapan YEE Pathway Model di salah satu projeknya yaitu YEE Kiat Muda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan melibatkan 10 informan yang diantaranya merupakan pemuda, program manager, project manager, dan fasilitator. Hasil dari penelitian ini adalah, permasalahan pengembangan modal manusia pada calon pekerja muda terjadi karena faktor peserta dan pelaksanaan projek itu sendiri. Dari faktor peserta, peserta yang sudah bekerja setelah mengikuti projek ini sebagian besar tidak bisa bertahan lama di tempat kerjanya karena berbagai alasan, seperti tidak sesuai hobi, tidak mau bekerja di tempat yang banyak aturan atau ingin bebas, upah yang di dapat tidak sesuai dengan pekerjaan, merasa terlalu capek kerja di lapangan, dan lain sebagainya sehingga saat ini mereka kembali menganggur. Sementara dari faktor projek, materi pelatihan yang diberikan terlalu monoton dan tidak menyesuaikan dengan karakteristik pemuda, dan materi softskill yang diberikan dalam projek ini porsinya hanya sedikit. Penelitian ini menyarankan, bentuk pelatihan harus lebih menyesuaikan karakteristik pemuda, menambahkan materi softskill dengan porsi yang lebih banyak dan lebih inovatif sebagai upaya meningkatkan modal manusia agar pemuda bisa siap memasuki dunia kerja.

ABSTRACT
This research discusses about human capital development that is conducted by Yayasan Plan International Indonesia, which has a purpose to prepare youth to work by applying YEE Pathway Model in one of their projects which is YEE Kiat Muda. This is a qualitative descriptive research, this research involved 10 informants consisting of youths, program manager, project manager, and facilitators. The results of this research is, the problem of human capital development in young worker candidate happened because of participant factor and project implementation itself. From participant factors, there are several reasons that make youth who had joined this project tend to keep their job in a shorter period, those reasons are the job does not suit their hobbies, they do not want to work in a strict work environment, the salary is not decent, too tired to do field work and many more which makes them unemployed. While from the project factors, training materials are too monotonous and does not suit with youth rsquo s characteristic, and soft skill materials in this project only a small portion. The form of training should better adapt youth rsquo s characteristics, it is needed to be more soft skill training and more innovative to increase human capital which can help yours can be ready to the workplace.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Yumna Ulfah Fauziyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 153 pages ; illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-499402863 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20473141
Cover