UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Momen inersia effisiensi pada pelat berpenegar profil T dan model Y = Moment inersia efficiency of stiffened plate profile T and Y

Rizki Tri Ananda A; Firman Ady Nugroho, supervisor; Talahatu, Marcus Alberth, examiner; Muhammad Arif Budiyanto, examiner; Sunaryo, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Struktur kapal membutuhkan kekuatan yang cukup untuk menahan beban yang dihasilkan baik dari luar maupun dalam kapal itu sendiri. Bagian struktur tengah kapal merupakan bagian yang paling besar mengalami gaya torsional yang disebabkan oleh tekanan air yang arahnya berlawanan dengan gaya gravitasi kapal tersebut. Oleh karena itu, bagian tengah kapal harus memiliki pelat berpenegar yang cukup tangguh untuk menahan gaya bengkok tersebut. Besarnya gaya torsional oleh tekanan air tersebut juga dipengaruhi Panjang kapal, sehingga dimensi pelat berpenegar untuk ukuran Panjang kapal tertentu sudah distandarkan oleh beberapa organisasi internasional, salah satunya adalah IACS Internasional Association of Classification Society. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan perhitungan section modulus untuk pelat berpenegar pada tiap ndash; tiap bagian di tengah kapal, dikarena nilai section modulus suatu pelat berpenegar berbanding lurus dengan nilai momen bengkok pelat berpenegar itu sendiri.

The structure of the ship requires sufficient strength to withstand the load which produced from the outside or within the ship itself. The middle part of the ship is the largest part of the torsional force caused by the water pressure which is opposite to the gravity of the ship. Therefore, the center of the ship must have a tough plates that strong enough to withstand the bending force. The magnitude of the torsional force by the water pressure is also influenced by the length of the ship, so that the dimensions of the plates reflected in the size of certain ships are standardized by several international organizations, one of which is IACS Internasional Association of Classification Society. The approach taken in this study is to calculate the modulus section for the stiffened plates on each part in the middle of the ship, because the value of the modulus section of a platted plate is proportional to the value of the bending moment of the plates itself.

 File Digital: 1

Shelf
 S-pdf-Rizki Tri Ananda A.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 40 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-176493981 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20473630
Cover