UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara dukungan sosial yang dipersepsikan dan perilaku mempromosikan kesehatan pada dewasa muda = The correlation between perceived social support and health promoting behavior in emerging adulthood

Tirza Fabiola; Sugiarti A. Musabiq, supervisor; Dyah Triarini Indirasari, examiner; Lathifah Hanum, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Dewasa muda identik dengan kebiasaan dan gaya hidup yang tidak sehat, padahal masa produktif menjadi investasi kesehatan yang penting di masa mendatang. Prediktor yang mempengaruhi upaya seseorang untuk perencanaan dan melakukan perilaku hidup sehat adalah self-efficacy yang dibentuk oleh dukungan sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah hubungan antara dukungan sosial yang dipersepsikan dan perilaku mempromosikan kesehatan pada dewasa muda. Partisipan penelitian berjumlah 804 orang berusia 18 ndash 29 tahun yang tersebar di Indonesia. Dukungan sosial yang dipersepsikan diukur dengan Interpersonal Support Evaluation List 12 ISEL-12 dan perilaku mempromosikan kesehatan diukur dengan Health Promoting Lifestyle Profile II HPLP II.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keenam dimensi perilaku mempromosikan kesehatan dengan dukungan sosial yang dipersepsikan.

Emerging adults are associated with unhealthy lifestyles, though health promoting behavior is important for health investments in the future. Health promoting behavior itself affected by perceived self efficacy, formed by social support.
This study aims to examine the correlations between perceived social support and health promoting behavior in emerging adulthood. Study participants were 804 people aged 18 ndash 29 years. The perceived social support is measured by Interpersonal Support Evaluation List 12 ISEL 12 and health promoting behavior measured by Health Promoting Lifestyle Profile II HPLP II.
The results showed no significant correlation between the six dimensions of health promoting behavior with perceived social support.

 File Digital: 1

Shelf
 Tirza Fabiola.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer recource
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 50 pages ; illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-714520576 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20473928
Cover