UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Karakteristik individual dan rumah tangga diantara migran internal dan internasional di Indonesia = Individual and household characteristics among internal and international migrant in Indonesia

Tiffany Theresia, examiner; Dhaniel Ilyas, supervisor; Dwini Handayani, examiner; Chotib, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Migrasi adalah salah satu komponen yang mengubah populasi dunia di samping angka kematian dan angka kelahiran dan Indonesia tidak terkecuali. Indonesia, misalnya, diketahui banyak penduduknya sering bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain. Tujuan migrasi juga bervariasi antara tujuan internal dan internasional. Dengan menggunakan data dari Sensus Penduduk 2010, penelitian ini berharap untuk menganalisis karakteristik individu dan rumah tangga migran Indonesia dengan pilihan tujuan mereka. Ada dua model dalam penelitian ini, yang pertama adalah model logit multinomial untuk memahami migrasi keseluruhan dan yang kedua adalah model logit biner untuk menganalisis migrasi internal. Hasilnya menunjukkan ada korelasi yang signifikan antara karakteristik individu dan rumah tangga dengan pilihan tujuan migran. Studi ini menemukan bahwa migrasi berbeda antara kelompok usia yang berbeda. Perempuan juga ditemukan memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk pindah baik migrasi secara internal maupun internasional. Temuan menarik lainnya dalam penelitian ini adalah kami menemukan Minagkabau dan Batak dibandingkan dengan orang Jawa memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk bermigrasi di Indonesia. Tidak hanya itu relatif terhadap Muslim, Kristen dan Budha memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk berpindah di dalam negeri dan di luar negeri. Implikasi dari temuan ini adalah ingin menggambarkan pola migrasi antara migran di Indonesia dan selanjutnya memperbaiki penyebaran penduduk.

ABSTRACT
Migration is one of the three components that change the world 39 s population beside death rate and birth rate and Indonesia is no exception. Indonesia, for example, is known to migrate from one place to another. The destination also varied between internal and international destination. Using data from Sensus Penduduk 2010, this study hopes to analyze the individual and household characteristics of Indonesian migrant with their choice of destination. There is two model purposed in this study, the first being multinomial logit model to understand the overall migration and the second one being binary logit model to further analyze internal migration. The results show there are significant correlations between individual and household characteristics to the migrant choice of destination. The study found that migration destination differs among different age groups. Female also found to have a higher probability to move both to internal and international migration. Another interesting finding in this study is I found Minangkabau and Bataknese compare to Javanese have a higher probability to migrate within Indonesia. Not only that relative to Muslim, Christians, and Buddhist have a higher probability to move within the country and outside the country. The implication of these findings is that it gives an insight of Indonesian migrant characteristics to help understand the migration pattern in Indonesia and further improve dissemination of population.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Pdf-Tiffany Theresia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 71 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-996347615 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20474116
Cover