UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis permasalahan struktural usaha mikro pada setiap tahapan evolusi: studi kasus usaha mikro di Depok dan Bekasi = Structural problem analysis of micro enterprise's evolution: case study in Depok and Bekasi

Maya Novita; Permata Wulandari, supervisor; Ruslan Prijadi, examiner; Ida Ayu Agung Faradynawati, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan mencari solusi dari masalah yang terjadi pada tahapan evolusi usaha mikro di Depok dan Bekasi, dengan menganalisis setiap tahapan evolusi dari fase kewirausahaan entrepreneurial, fase start-up, dan yang terakhir adalah fase on-going. Tahapan evolusi pada penelitian ini mengacu pada model perubahan jaringan yang ditemukan oleh Schutjens Stam 2003. Serta permasalahan yang dibahas yaitu faktor keuangan, faktor bisnis operasional, dan faktor sumber daya manusia terhadap setiap tahapan evolusi dari 10 usaha mikro di Depok dan Bekasi. Dengan menggunakan metode content analysis, secara umum, ditemukan bahwa faktor keuangan memiliki peran yang sangat penting dalam proses evolusi sebuah usaha. Mayoritas dari pemilik usaha mikro tidak menggunakan sumber pembiayaan dari lembaga formal, mereka lebih mengandalkan pinjaman modal dari lembaga non-formal karena keterbatasan dokumen, persepsi pemilik usaha yang berpikiran bahwa bunga yang diberikan lebih rendah dan diberikan pelatihan bagi para pemilik usaha. Faktor sumber daya manusia tidak memiliki peran yang besar dalam permasalahan evolusi usaha mikro karena sebagian besar pemilik memulai usaha mereka tanpa bantuan pegawai. Kegiatan operasional pada awal usaha tidak rapih karena keterbatasan pengetahuan, sumber daya manusia dan uang. Secara khusus, terdapat indikasi bahwa penanganan usaha mikro di beberapa daerah dalam Indonesia belum efisien, namun jika dibina dengan baik dapat berkembang dengan pesat pada jangka panjang.

ABSTRACT
This study aims to find the problems and the solutions that occur in the stages of Micro Enterprises evolution in Depok and Bekasi, by analyzing each stage of evolution from entrepreneurial phase, start up phase, and the last is on going phase. The stages of evolution in this study refers to the model of entrepreneurial network found by Schutjens Stam 2003. As well as the issues discussed are financial factors, business operational factors, and human resource factors on every single stage of 10 Micro Enterprises in Depok and Bekasi. By using content analysis methods, in general, it was found that financial factors have a very important role in the evolution of a business. The majority of Micro Enterprise owners do not use the source of funding from formal institutions, they rely more on capital loans from non formal institutions due to lack of documents, perceptions of business owners who think that the given interest is lower and training for business owners. Human resource factors do not have a big role in the Micro Enterprises evolution because most of owners start their businesses without employees. Operational activities at the beginning of business is not neat because of limited knowledge, human resources and money. In particular, there are indications that the handling of micro enterprise in some regions in Indonesia has not been efficient, but if it is scouted it can thrive in the long term.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Pdf-Maya Novita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 175 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-022758981 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20474145
Cover