UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Ketepatgunaan alat pemantauan perilaku kelompok dampingan pengguna narkoba jarum suntik yang hidup dengan HIV di Yayasan Karisma = The behavioral monitoring tool's validity of injecting drug user who life with HIV at Yayasan Karisma

Rizza Auli Shava; Tri Krianto, supervisor; Dian Ayubi, examiner; Sahrul Syah, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Pengguna narkoba meningkat setiap tahunnya dan DKI Jakarta menempati posisi ke 2 dari 5 provinsi dengan pengguna narkoba terbanyak di Indonesia. Yayasan Karisma merupakan lembaga yang bergerak dalam mengurangi dampak akibat narkoba. Banyaknya informasi yang diberikan oleh Yayasan Karisma kepada dampingannya seharusnya memberikan dampak positif akan perubahan perilaku pada dampingan itu sendiri. Namun, Yayasan Karisma sendiri belum memiliki alat untuk memantau perubahan perilaku pada kelompok dampingan yang disebabkan oleh penjangkauan yang dilakukan Yayasan Karisma kepada kelompok dampingan sesuai dengan indikator Harm Reduction. Penelitian ini membahas ketepatgunaan alat pemantauan perilaku kelompok dampingan pengguna narkoba jarum suntik yang hidup dengan HIV di Yayasan Karisma. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Penilaian validitas isi dan validitas konstruk dilakukan dengan wawancara mendalam yang dilakukan kepada informan.Hasil penelitian ini didapatkan bahwa terdapat satu item terkait dampak pemberian informasi HIV pada klien ODHA yang belum memiliki alat ukur di Yayasan Karisma. Yaitu terkait kepatuhan minum ARV. Untuk membuat sebuah alat ukur yang tepat guna maka harus di nilai validitas dari alat ukur tersebut. Validitas yang diukur peritem pertanyaan, dan terdapat item yang tidak memiliki validitas yang memadai yaitu indikator Adherence dengan item Adherence Level. Oleh karena itu diperlukan sebuah alat yang dapat memantau perilaku dan alat ukur yang memiliki ketepatgunaan sehingga aplikatif untuk dilakukan di Yayasan Karisma. Alat ukur ini diperkirakan memiliki ketepatgunaan yang baik secara deskripsi, sehingga perlu dilakukan uji coba untuk menilai validitasnya kepada kelompok dampingan.

ABSTRACT
Drug users are increasing every year and DKI Jakarta ranks 2 of the 5 provinces with the largest drug user in Indonesia. Yayasan Karisma is an institution that is engaged in reducing the impact of drugs. The information provided by Yayasan Karisma should have a positive impact on behavioral changes to the client itself. However, Yayasan Karisma itself doesn 39 t have yet a tool to monitor the client behavioral changes due to Yayasan Karisma rsquo s performance in reaching the client in accordance with Harm Reduction indicator.. This study discusses the behavioral monitoring tool 39s validity of injecting drug user who life with HIV at Yayasan Karisma. This research is a qualitative research with descriptive design. Assessment of content validity and construct validity is done with in depth interviews conducted to informants. The results of this study found that there is one item related to the impact of providing HIV information to PLHIV clients who doesn rsquo t have a measuring tool in Yayasan Karisma. Related the adherence antiretroviral therapy. To make an appropriate measuring instrument should have a good the value of the instrument validity. The validity measured by the questions and there are items that do not have adequate validity is the Adherence indicator with the Adherence Level item. Therefore required a tool that can monitor the behavior and a tools that have a validity so that applicability to be done in Yayasan Karisma. This measuring instrument is expected have a validity in descriptions, so it is necessary to test the validity to the client.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Pdf-Rizza Auli Shava.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 135 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-643482491 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20474164
Cover