UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Tanam paksa, transfer teknologi, dan pembangunan regional di Pulau Jawa = Cultivation system, technology transfer, and regional development in Java

Raden Bagas Kresno Fathurrachman; Muhammad Halley Yudhistira, supervisor; Pribadi Setiyanto, examiner; Ainul Huda, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab apakah terdapat dampak jangka panjang dari pendudukan bangsa Eropa terhadap pembangunan regional di Pulau Jawa. Untuk menjelaskan dampak jangka panjang tersebut, jalur yang difokuskan di penelitian ini adalah transfer teknologi. Transfer teknologi dari bangsa Eropa yang terjadi di Pulau Jawa dapat digambarkan oleh penerapan tanam paksa cultuurstelsel. Metode yang digunakan adalah Pooled OLS dan Instrumental Variables IV. Estimasi dengan tingkat kesuburan jenis tanah sebagai instrumen dan variabel geografi sebagai kontrol memperlihatkan adanya asosiasi positif antara kota/kabupaten yang terkena penerapan tanam paksa dengan PDRB per kapita. Di samping itu, penerapan tanam paksa memiliki asosiasi negatif dengan ketimpangan dan kemiskinan meskipun tidak signifikan.

This paper tries to answer whether there is long term effect of European settlement on regional development in Java. To explain the long term effect, one of many channels is focused in this paper that is technology transfer. Technology transfer from European in Java may be represented by the cultivation system cultuurstelsel. This paper uses Pooled OLS and Instrumental Variable IV method to estimate these effect. Estimation using soil type fertility as instrument and geographical characteristics as control variables found that cities that experienced cultuurstelsel have significantly higher GDRP per capita. In addition, cities with cultuurstelsel may have lower inequality and poverty but insignificant effect.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Pdf-Raden Bagas Kresno Fathurrachman.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 47 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-394247836 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20474264
Cover